ترقي استيعاب المفردات العربية وتأثير طريقة الاستجابة الجسدية الكاملة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة الإسلامية الشافعية المتوسطة
Kata Kunci:
استيعاب، المفردات العربية، طريقة الاستجابة الجسدية الكاملةAbstrak
Tujuan penelitian ini 1) menganalisis penerapan metode TPR; 2) melihat pengaruh metode TPR terhadap hasil belajar siswa; 3) mengetahui kelebihan metode TPR dari metode konvensional. Penelitian lapangan ini memakai pendekatan kuantitatif (desain penelitian Pre-Exsperimental dalam bentuk Quasi Eksperimen Design the non equivalent control group design). Objeknya adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Analisis data dengan uji t One Sample T-test dua arah untuk mengetahui pengaruh metode TPR pada kelas eksperimen dan uji N-Gain untuk uji perbandingan hasil belajar metode TPR dan metode konvensional. Hasil uji One Sample T-test diperoleh thitung 25.729 sehingga lebih besar dari ttabel 2.201 dan nilai sig. (2 –tailed) yaitu 0.000 < 0.05, yang berarti metode TPR itu efektif. Dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh bahwa score untuk kelas eksperimen sebesar 76,9410 atau 76,94% (kategori efektif), dan rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol 60,5605 atau 60,1% (cukup efektif). Kesimpulannya metode TPR lebih baik dari metode konvensional terhadap hasil belajar siswa dalam peningkatan penguasaan mufrodat.Unduhan
Diterbitkan
2023-12-05
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ade Ruswatie Ade, Moh In'ami, Mawaddatun Nafisah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).