ترقي استيعاب المفردات العربية وتأثير طريقة الاستجابة الجسدية الكاملة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة الإسلامية الشافعية المتوسطة

Penulis

  • Ade Ruswatie Ade UIN SAIZU Purwokerto
  • Moh In'ami IAIN Kudus
  • Mawaddatun Nafisah IAIN Kudus

Kata Kunci:

استيعاب، المفردات العربية، طريقة الاستجابة الجسدية الكاملة

Abstrak

Tujuan penelitian ini 1) menganalisis penerapan metode TPR; 2) melihat pengaruh metode TPR terhadap hasil belajar siswa; 3) mengetahui kelebihan metode TPR dari metode konvensional. Penelitian lapangan ini memakai pendekatan kuantitatif (desain penelitian Pre-Exsperimental dalam bentuk Quasi Eksperimen Design the non equivalent control group design). Objeknya adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Analisis data dengan uji t One Sample T-test dua arah untuk mengetahui pengaruh metode TPR pada kelas eksperimen dan uji N-Gain untuk uji perbandingan hasil belajar metode TPR dan metode konvensional. Hasil uji One Sample T-test diperoleh thitung 25.729 sehingga lebih besar dari ttabel 2.201 dan nilai sig. (2 –tailed) yaitu 0.000 < 0.05, yang berarti metode TPR itu efektif. Dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh bahwa score untuk kelas eksperimen sebesar 76,9410 atau 76,94% (kategori efektif), dan rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol 60,5605 atau 60,1% (cukup efektif). Kesimpulannya metode TPR lebih baik dari metode konvensional terhadap hasil belajar siswa dalam peningkatan penguasaan mufrodat.

Diterbitkan

2023-12-05

Terbitan

Bagian

Articles