EFEKTIVITAS ATOMIC HABITS TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK PROGRAM BILINGUAL SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO
Kata Kunci:
Efektivitas, Atomic Habits, Maharah KalamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui tingkat keefektifan penerapan atomic habits hasil pemikiran James Clear dalam meningkatkan kemahiran maharah kalam peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Kemahiran maharah kalam melibatkan kemampuan berbicara peserta didik menggunakan dan mengekspresikan diri secara lisan dengan bahasa Arab. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara numerik dan menganalisisnya secara statistik. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretest-posttest, dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup atau satu kelas.Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang jumlahnya 20 peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya adalah penerapan atomic habits, sedangkan variabel terikatnya adalah peningkatan maharah kalam peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara yang melibatkan pembina asrama bilingual dan peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo, tes pretest-posttest dan dokumentasi. Hasil penelitian pretest-posttest yang dilakukan dengan cara tes secara lisan dengan jumlah soal pretest 8 dan soal posttest 15 kemudian diolah, dianalisis kemudian dibandingkan menggunakan uji normalitas, uji t-test dan uji N-Gain untuk mengetahui tingkat perbedaan, peningkatan serta keefektifan peningkatan maharah kalam peserta didik bilingual.Unduhan
Diterbitkan
2023-12-01
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 asep sunarko, Dwi Astri Dyah Anggraini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).