Strategy and Implementation of Technology-Based Student Literacy and Numeracy Improvement
Kata Kunci:
Literasi, numerasi, teknologi, pendidikan, siswaAbstrak
Kemampuan literasi dan numerasi serta penguasaan teknologi pada siswa untuk era sekarang ini penting untuk ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pendekatan berbasis teknologi. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar, SDN 1 Bogangin Banyumas, dengan melibatkan seluruh siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini mencakup penerapan teknologi dalam pembelajaran, termasuk penggunaan perangkat lunak pendidikan interaktif dan platform pembelajaran online, seperti pemanfaatan kuis, ztype, abcya, dan situs web lainnya. Selain itu, pelatihan untuk guru dan siswa dalam penggunaan teknologi tersebut juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran secara signifikan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman membaca, kemampuan menulis, dan kemampuan berhitung. Mereka juga menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam belajar dan motivasi yang lebih besar untuk mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi. Selain itu, penggunaan teknologi juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan kritis, kreatif, dan kolaboratif. Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan penelitian. Tantangan tersebut antara lain pemanfaatan teknologi yang belum memadai, pelatihan yang dibutuhkan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi yang diberikan kepada sekolah dan pihak terkait untuk terus mengembangkan penggunaan teknologi dalam pendidikan, termasuk pemanfaatan fasilitas teknologi yang tersedia, pelatihan guru mengenai pembelajaran berbasis teknologi untuk siswa, dan pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan literasi dan numerasi berbasis teknologi.Unduhan
Diterbitkan
2023-12-03
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Zahra Fikri Ayu Nirwana, Hari Widi Utomo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).