Penguatan Bahasa Asing Melalui Program Kampung Bahasa Di Kebumen (Studi Manajemen dan Sistem Pembelajaran)
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.9517Kata Kunci:
Bahasa Asing, Kampung Bahasa, Manajemen, Sistem PembelajaranAbstrak
Abstrak Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi manajemen program Kampung Arab Kebumen (KAK) dan Kampung Inggris Kebumen (KIK) serta sistem pembelajaran bahasa asing pada program tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan pertama perkembangan sistem manajemen lembaga pendidikan bahasa asing yang dilakukan oleh Kampung Arab Kebumen dan Kampung Inggris Kebumen adalah telah menggunakan langkah manajemen meliputi planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluating. Namun pada aspek planning nampaknya KIK lebih tertata secara administratif dari pada KAK. Pada aspek organizing dapat dikatakan sama di kedua kampung bahasa tersebut, yakni telah ditetapkan tugas secara tertata petugas atau penanggungjawab setiap bidang kegiatan, Pada aspek actuating KIK lebih banyak kegiatan outdoor sedangkan di KAK lebih kegiatan belajar di dalam ruang kelas. Pada aspek controlling KIK banyak terlibat peran dari unsur dinas pendidikan dan kemenag dibanding KAK yang lebih banyak dikendalikan oleh tim pengajar dari lingkungan local (pesantren Al-Istiqomah). Sedangkan aspek evaluating, hampir sama baik di KIK maupun KAK, yakni dengan diadakan kegiatan evaluasi melalui rapat koordinasi bersama antara unsur pengelola kabupaten dan tim pengajar local. Kedua, perkembangan sistem pembelajaran bahasa di KAK dan KIK tersebut adalah jika metode yang digunakan dalam pembelajaran di kampung inggris hampir sama dengan di kampung Arab karena sama-sama terisnpirasi metodenya dari model pengajaran bahasa asing yang ada.Unduhan
Diterbitkan
2023-06-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ali Muhdi, Muhamamd Syadid Daelami

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).