Program English Tren dalam Mengenbangkan Kemampuan Speaking Santri Dalam Menghadapi Tantangan Global
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.9272Kata Kunci:
English, Pesantren, Speaking Skill, ESPAbstrak
Saat ini, komunikasi internasional memainkan peran penting untuk menghadapi tantangan global dan bahasa Inggris sebagai Lingua Franca cukup membantu untuk melayani tujuan komunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Di dunia pesantren, bahasa Inggris sangat penting untuk diajarkan dan “English-Tren” dapat menjadi cara untuk membantu santri mengembangkan keterampilan berbicara santri. “English-Tren” adalah English for Pesantren, sebuah cabang dari English for Specific Purposes (ESP), yang dirancang untuk memenuhi target Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Santri khususnya berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana English-Tren diterapkan dalam mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris santri. Studi ini merupakan studi kasus dengan setting di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto yang mempromosikan peningkatan keterampilan berbicara santri melalui kursus “English-Tren”. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara kepada tiga guru bahasa Inggris dan lima santri yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa English-Tren diimplementasikan melalui tiga cara yaitu Bahasa Inggris Pagi dua mingguan, Bahasa Inggris diajarkan sebagai mata pelajaran di kelas madrasah diniyah, dan Bahasa Inggris diajarkan dan dipraktikkan dalam program Bahasa Inggris. Oleh karena itu, English-Tren berpengaruh dalam mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris santri.Unduhan
Diterbitkan
2023-06-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Naeli Rosyidah, Slamet Pambudi, Prima Septyo Wibowo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).