The Existency of English Vocabulary Learning Strategies Through Online Learning

Penulis

  • Suci Amaliyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Agus Sufyan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kata Kunci:

Vocabulary Learning Strategies, Online learning

Abstrak

Kurangnya kesadaran siswa untuk mempelajari bahasa Inggris secara komprehensif menjadi masalah yang signifikan. Diperlukan inisiasi untuk menemukan strategi yang cocok untuk diterapkan. Metodologi yang digunakan adalah metode campuran (kuantitatif dan kualitatif). Dua instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan pertanyaan wawancara terbuka. Analisis data menggunakan SPSS dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan tiga siswa kelas SMA yang berpartisipasi secara sukarela. Berdasarkan enam strategi, jawaban responden diberi kode R (Mengulang kosakata), RM (Mengulang dalam menyebutkan kosakata seperti penutur asli), dan RP (Mengulang kosakata dalam tindakan fisik), WN (Menulis Catatan Kosakata), WD (Menulis Buku Harian) , dan WS (Ringkasan Menulis), RN (Membaca Novel Bahasa Inggris), RS (Strategi Membaca), dan RL (Membaca Buku Ringan), LD (Mencari di kamus) dan LED (Mencari di Kamus Elektronik), GE (Menebak dengan Gesture), dan GN (Menebak kata selanjutnya). Strategi mengulang menjadi strategi yang paling disukai siswa (M=3,52), sedangkan menebak (M=2,99) menjadi strategi yang paling tidak disukai. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan penelitian ini untuk menyelidiki strategi preferensi siswa dan menemukan urgensinya.

Diterbitkan

2023-12-02

Terbitan

Bagian

Articles