Digitalisasi Media Pembelajaran Kalam Melalui Aplikasi Tik Tok
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.9033Kata Kunci:
Digitalisasi, Maharah Kalam, Media, Tik-TokAbstrak
Keterampilan berbicara merupakan salah satu kemahiran berbahasa yang paling penting dalam proses pembelajaran bahasa arab terkhusus bagi para pembelajar bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan digitalisasi media pembelajaran Kalam serta beberapa aplikasi yang dapat menunjangnya; 2) menjelaskan langkah-langkah yang efektif dalam pembentukan media pembelajaran maharah kalam dengan menggunakan aplikasi Audio Viisual Tik-Tok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode library research. Penelitian ini bersifat deskriptif serta datanya terkumpul berbentuk kata-kata maupun gambar. Hasil pembahasan pada artikel ini adalah model-model desain media pembelajaran menggunakan beberapa aplikasi untuk memunjang pembelajaran maharah kalam seperti aplikasi Articular Story, Youtube, dan Tik-tok. Tahapan dalam aplikasi tik-tok dapat memenuhi kriteria untuk media pembelajaran yang menarik bagi para peserta didik terkhusus dalam pembelajaran Bahasa Arab Maharah kalam. Dari beberapa fitur yang diatas dapat diimplementasikan kegunaannya untuk media pembelajaran Bahasa Arab khususnya Maharah kalam. Aplikasi tik-tok dapat menjadi media interktif untuk peserta didik khususnya dalam fitur perekam suara yang kemudian dapat dishare lewat jejaring sosial. Aplikasi ini dapat menarik siswa lantaran mempunyai banyak fitur yang bisa diimplementasikan pada pembelajaran dan sistem yang selalu update mengikuti trend perkembangan zaman.Unduhan
Diterbitkan
2022-06-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 dzun nur nafiah, Shofil Fikri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).