Penerapan Kecerdasan Buatan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.8501Kata Kunci:
Artificial Intelligence, Learning Media, Arabic, Era Society 5.0Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa itu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan menganalisis beberapa ragam penerapan kecerdasan buatan sebagai media pembelajaran di era society 5.0. Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahasa asing berdampak pula pada meningkatnya orientasi mempelajari bahasa Arab yang mana orientasi tersebut mulai merambah ranah profesionalisme dan ekonomis. Sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi salah satu agenda penting dalam dunia pendidikan. Namun, pembelajaran bahasa Arab di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala dan tantangan di era society 5.0. Penelitian ini adalah penelitian library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data adalah buku, jurnal, makalah, dan artikel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisis konten (content analysis). Adapun dari hasil penelitian ada beberapa penerapan AI yang dimanfaatkan sebagai pendukung atau media pembelajaran bahasa Arab di era society 5.0, diantaranya: Intelligent Tutoring System, Voice Assistant, Personalized Learning, Virtual Mentor, Smart Content, Automatic Assessment, dan Game Edukasi.Unduhan
Diterbitkan
2022-06-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Aidah Novianti Putri, Moh. Abdul Kholiq Hasan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).