Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Maharatul Kalam Pada Program Akselerasi Bahasa Arab di MTs eL-BAS (Lembaga Bina Anak Sholeh) Ciamis

Penulis

  • Holis Holis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Munirul Abidin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Dudi Kiswanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Desy Maulani Rizki UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Visual Media, Learning, Maharatul Kalam

Abstrak

Penelitian ini memiliki bermaksud untuk mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian serta manfaat-manfaat media visual dalam pembelajaran Maharotul Kalam pada program akselerasi Bahasa Arab di MTs eL-BAS Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metodologi jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara dan observasi, melalui sumber data primer guru Bahasa Arab dan siswa program akselerasi bahasa MTs eL-BAS Ciamis. Analisa data dilakukan dengan kualitatif deduktif, memilih kerangka konseptual, mengumpulkan data, analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Implementasi dan manfaat-manfaat media visual dalam dalam pembelajaran Maharotul Kalam pada program akselerasi Bahasa Arab di MTs eL-BAS Ciamis berupa peningkatan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran adalah mempermudah pemahaman sebagian siswa, mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, serta mendukung guru dalam menyampaikan materi secara efektif. Dalam upaya pemanfaatannya guru menggunakan media visual berupa pamflet ungkapan bahasa Arab (Ibaroh kosiroh), kartu kosakata Bahasa Arab (Mufrodat), serta poster Bahasa Arab

Unduhan

Diterbitkan

2013-11-30

Terbitan

Bagian

Articles