Tathbiq istratijiyyah al Ta'lim al Fa'al bi al Khatithah al Dilaliyah al Ta'limiyyah fi Ta'lim Maharat al Kitabah: Dirasah fi al Barnamij al Khas li ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah bi Jami'at maulana Malik Ibrahim al Islamiyyah al Hukumiyyah Malang

Penulis

  • Rohmatulloh Salis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.7063

Kata Kunci:

pembelajaran aktif, strategi map semantik, pembelajaran menulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif melalui Strategi Map Semantik (SMS) dalam pembelajaran keterampilan menulis di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan pendapat mahasiswa terhadap penggunaan strategi teersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa kurikulum pembelajaran, proses pembelajaran, dan mahasiswa. Instrumen penelitian adalah observasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran aktif melalui Strategi Map Semantik (SMS) dalam pembelajaran keterampilan menulis di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang diterapkan dalam beberapa tahap, yaitu: (a) mengenalkan topik (b) brainstorming, (c) kategorisasi, (d) umpan balik, dan (e) mengatur peta semantik. 2) Semua mahasiswa merasa senang dan berpendapat bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif melalui Strategi Map Semantik sangat tepat dan efektif dalam pembelajaran menulis.

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles