Tathbiq istratijiyyah al Ta'lim al Fa'al bi al Khatithah al Dilaliyah al Ta'limiyyah fi Ta'lim Maharat al Kitabah: Dirasah fi al Barnamij al Khas li ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah bi Jami'at maulana Malik Ibrahim al Islamiyyah al Hukumiyyah Malang
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.7063Kata Kunci:
pembelajaran aktif, strategi map semantik, pembelajaran menulisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif melalui Strategi Map Semantik (SMS) dalam pembelajaran keterampilan menulis di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan pendapat mahasiswa terhadap penggunaan strategi teersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa kurikulum pembelajaran, proses pembelajaran, dan mahasiswa. Instrumen penelitian adalah observasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran aktif melalui Strategi Map Semantik (SMS) dalam pembelajaran keterampilan menulis di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang diterapkan dalam beberapa tahap, yaitu: (a) mengenalkan topik (b) brainstorming, (c) kategorisasi, (d) umpan balik, dan (e) mengatur peta semantik. 2) Semua mahasiswa merasa senang dan berpendapat bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif melalui Strategi Map Semantik sangat tepat dan efektif dalam pembelajaran menulis.Unduhan
Diterbitkan
2022-12-31
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rohmatulloh Salis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).