Webtoon as an Attractive Learning Medium in Reading Comprehension for 6th Semester Students of English Education UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Penulis

  • Siti Usrul Khotimah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Sabrina Amelita UIN Prof KH Saifudin Zuhri Purwokerto
  • Nur Aolia Faozah UIN Prof KH Saifudin Zuhri Purwokerto
  • Reksanti Ma'rifatussa'adah UIN Prof KH Saifudin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.6896

Kata Kunci:

Webtoon, Media Pembelajaran, Pemahaman Membaca, CALL

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan minat baca siswa yang rendah, sehingga perlu adanya media yang dapat membuat siswa tertarik untuk membaca dan belajar. Webtoon merupakan aplikasi komik online yang cukup diminati oleh pembaca dari berbagai usia, Webtoon juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman bacaan. Tujuan dari penelitian ini ingin membahas tentang bagaimana menggunakan Webtoon sebagai media pembelajaran membaca pemahaman dan apakah Webtoon sudah sesuai dengan Computer-Assisted Language Learning Criteria (CALL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari 6 TBI B yang menggunakan aplikasi Webtoon sebagai media pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Chapelle, yang memiliki enam kriteria yang menunjukkan bahwa suatu aplikasi dapat menjadi media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Webtoon sebagai media pembelajaran membaca pemahaman sudah sesuai dengan kriteria Computer-Assisted Language Learning (CALL), yaitu potensi belajar bahasa, kecocokan pembelajar, fokus makna, keaslian, dampak positif dan praktis. Mayoritas responden memberikan komentar positif pada setiap aspek yang dikemukakan oleh Chapelle. Oleh karena itu, Webtoon dapat dijadikan sebagai media yang menarik untuk pembelajaran membaca pemahaman.

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles