Webtoon as an Attractive Learning Medium in Reading Comprehension for 6th Semester Students of English Education UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.6896Kata Kunci:
Webtoon, Media Pembelajaran, Pemahaman Membaca, CALLAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan minat baca siswa yang rendah, sehingga perlu adanya media yang dapat membuat siswa tertarik untuk membaca dan belajar. Webtoon merupakan aplikasi komik online yang cukup diminati oleh pembaca dari berbagai usia, Webtoon juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman bacaan. Tujuan dari penelitian ini ingin membahas tentang bagaimana menggunakan Webtoon sebagai media pembelajaran membaca pemahaman dan apakah Webtoon sudah sesuai dengan Computer-Assisted Language Learning Criteria (CALL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari 6 TBI B yang menggunakan aplikasi Webtoon sebagai media pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Chapelle, yang memiliki enam kriteria yang menunjukkan bahwa suatu aplikasi dapat menjadi media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Webtoon sebagai media pembelajaran membaca pemahaman sudah sesuai dengan kriteria Computer-Assisted Language Learning (CALL), yaitu potensi belajar bahasa, kecocokan pembelajar, fokus makna, keaslian, dampak positif dan praktis. Mayoritas responden memberikan komentar positif pada setiap aspek yang dikemukakan oleh Chapelle. Oleh karena itu, Webtoon dapat dijadikan sebagai media yang menarik untuk pembelajaran membaca pemahaman.Unduhan
Diterbitkan
2022-12-31
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Siti Usrul Khotimah, Sabrina Amelita, Nur Aolia Faozah, Reksanti Ma'rifatussa'adah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).