Creative and Innovative Language Teaching
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v6i1.6180Kata Kunci:
creativity, innovation, materials, techniques, language teachingAbstrak
Kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran bahasa merupakan dua hal yang sangat penting dan saling mendukung tercapainya tujuan pembelajaran bahasa. Kesuksesan pembelajaran bahasa ditentukan oleh materi/konten yang disampaikan dan teknik penyajian/penyampaian materi dari guru kepada peserta didik. Dalam hal ini, materi yang disiapkan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam kurikulum dengan memperhatikan konten/isian yang sesuai dengan konteks dalam rangka mencapai target pembelajaran. Kreativitas penyusunan materi dan konten pembelajaran sangatlah dibutuhkan agar mempermudah peserta didik mengikuti setiap tahapan pembelajaran. Selain kreativitas dalam penyusunan materi, kreativitas dan inovasi dalam penyampaian materi pun menjadi bagian yang harus ada. Kreativitas dan inovasi guru dalam penyampaian dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang berusaha menimbulkan minat belajar, daya kreasi, dan daya inovasi siswa. Dari hal tersebut, rencana pembelajaran yang mengarah kepada keaktifan, kreativitas, dan inovasi siswa menjadi bagian penting yang harus disiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran di kelas. Artikel ini menyajikan beberapa cara yang perlu dipahami agar pembelajaran bahasa menjadi kreatif dan inovatif.Unduhan
Diterbitkan
2022-06-30
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).