Hipotesis Monitor Stephen Krashen dan Reorientasi Pembelajaran Istima-Kalam

Penulis

  • Tulus Musthofa UIN Sunan Kalijaga
  • Chairani Astina Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah
  • Rifqi Aulia Rahman Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v5i2.5897

Kata Kunci:

Hipotesis Monitor, Reorientasi Pembelajaran, Pembelajaran Istima-Kalam

Abstrak

Pada kajian ini penulis menjelaskan tentang hipotesis monitor Stephen Krashen dan Pembelajaran Istima-Kalam. Dengan harapan bisa memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang selama ini dialami pengajar dan pembelajar Bahasa Arab terkhusus saat pembelajaran Istima-Kalam. Hipotesis monitor dalam pembelajaran istima-kalam ini harus menyertakan prosedur intruksi dan koreksi dari setiap materi yang dipelajari dan dialami peserta didik. Proses koreksi itu juga perlu mempertimbangkan aspek unsur bahasa Arab terkecil yakni harf. Peserta didik dengan kesulitan mengucapkan harf tertentu, harus diberi intruksi atau arahan dan dipantau (monitor) dengan intens. Intruksi dan koreksi itu diperlukan untuk melihat sejauh mana peserta mampu menguasai pelafalan harf secara benar, menguasai pembentukan kata, dan kalimat menurut tarakib yang sesuai dengan ilmu sharf (morfologi Arab) dan ilmu nahw (sintaksis Arab). Baru kemudian menyusun persambungan dan persesuaian (muthabaqah) antar kalimat untuk menjadi lisan atau tulis yang bermakna dan berterima.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-10

Terbitan

Bagian

Articles