Survivalitas Guru Bahasa Arab dalam Perspektif Status dan Peran Sosial di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v4i1.4091Kata Kunci:
status sosial, peran sosial, guru bahasa Arab, masyarakatAbstrak
Penelitian ini berangkat dari permasalahan status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat tidak selalu sejalan dengan predikat guru agama yang melekat ketika mengajar di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat, menelusuri argumentasi mereka dan menyingkap respon-respon subjektif dari berbagai cluster masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan: 1) Semua guru bahasa Arab MAN 2 Kudus menyandang status dan peran sosial yang merambah ke beberapa bidang kemasyarakatan, meliputi pengobatan (kesehatan), kepemimpinan organisasi (manajemen), dan penyuluhan kerohanian (agama); 2) relevansi antara status dan peran guru di madrasah dengan di dalam masyarakat menyangkut tiga kategori, guru bahasa Arab pribumi dan pendatang. Kedua, guru bahasa Arab lulusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan lulusan non-PBA. Ketiga, guru bahasa Arab senior dan yunior; 3) Pandangan pranata masyarakat, tokoh agama, pihak madrasah, dan masyarakat biasa, terkait status dan peran sosial tersebut, Pertama guru bahasa Arab tidak identik dengan guru agama. Kedua, guru bahasa Arab identik dengan guru agama.Unduhan
Diterbitkan
2020-12-18
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).