Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Arab untuk Siswa Kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Saiful Fuad Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v4i1.3528

Kata Kunci:

Pengembangan, Kamus Bergambar Bahasa Arab, Kosakata Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Dalam pembelajaran Bahasa Arab, kamus merupakan hal yang penting untuk membantu siswa memahami makna kosakata. Pemahaman kosakata tidak hanya tergantung pada terjemahan secara langsung akan tetapi membutuhkan pengilustrasian gambar agar pemahaman siswa semakin mudah, khususnya siswa yang baru mengenal Bahasa Arab. Media bantu berupa kamus diharap dapat membantu siswa mampu belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan kamus bergambar Bahasa Arab untuk Siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah dan, (2) Mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan kamus bergambar Bahasa Arab Untuk siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada model model R&D menurut Borg and Gall. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang diperoleh peneliti adalah (1) ahli media, (2) ahli materi, (3) guru pengajar Bahasa Arabdan (4) siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang. Hasil penelitian ini adalah: (1) kamus Bergambar Bahasa Arab yang berjudul “Kamus Bergambar Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I, II, III†terdiri dari 23 bab yang telah di kelompokkan menurut tema dan juga kelas, serta kamus ini dilengkapi dengan kata mutiara yang memotivasi siswa dalam belajar dan (2) kelayakan kamus bergambar Bahasa Arab untuk Kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah ini dinyatakan valid atau layak dengan rata – rata persentase sebesar 86,35% dari ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat dikemukakan beberapa saran, yaitu: (1) siswa, diharapkan dapat menjadikan Kamus Bergambar Bahasa Arab ini sebagai alat bantu dalam memudahkan memahami kosakata – kosakata Bahasa Arab. (2) guru Bahasa Arab agar memanfaatkan kamus bergambar Bahasa Arab  ini sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan media bantu ajar di dalam kelas, (3) peneliti dan pengembang media lainnya, hendaknya media ini bisa diteliti kekurangannya, diperbaiki, ditambah, dan dikembangkan yang lebih baik lagi, dan (4) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk penelitian selanjutnya serta dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-28

Terbitan

Bagian

Articles