Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Arab untuk Siswa Kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v4i1.3528Kata Kunci:
Pengembangan, Kamus Bergambar Bahasa Arab, Kosakata Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Dalam pembelajaran Bahasa Arab, kamus merupakan hal yang penting untuk membantu siswa memahami makna kosakata. Pemahaman kosakata tidak hanya tergantung pada terjemahan secara langsung akan tetapi membutuhkan pengilustrasian gambar agar pemahaman siswa semakin mudah, khususnya siswa yang baru mengenal Bahasa Arab. Media bantu berupa kamus diharap dapat membantu siswa mampu belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan kamus bergambar Bahasa Arab untuk Siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah dan, (2) Mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan kamus bergambar Bahasa Arab Untuk siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada model model R&D menurut Borg and Gall. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang diperoleh peneliti adalah (1) ahli media, (2) ahli materi, (3) guru pengajar Bahasa Arabdan (4) siswa kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang. Hasil penelitian ini adalah: (1) kamus Bergambar Bahasa Arab yang berjudul “Kamus Bergambar Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I, II, III†terdiri dari 23 bab yang telah di kelompokkan menurut tema dan juga kelas, serta kamus ini dilengkapi dengan kata mutiara yang memotivasi siswa dalam belajar dan (2) kelayakan kamus bergambar Bahasa Arab untuk Kelas I, II, III Madrasah Ibtidaiyah ini dinyatakan valid atau layak dengan rata – rata persentase sebesar 86,35% dari ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat dikemukakan beberapa saran, yaitu: (1) siswa, diharapkan dapat menjadikan Kamus Bergambar Bahasa Arab ini sebagai alat bantu dalam memudahkan memahami kosakata – kosakata Bahasa Arab. (2) guru Bahasa Arab agar memanfaatkan kamus bergambar Bahasa Arab ini sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan media bantu ajar di dalam kelas, (3) peneliti dan pengembang media lainnya, hendaknya media ini bisa diteliti kekurangannya, diperbaiki, ditambah, dan dikembangkan yang lebih baik lagi, dan (4) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk penelitian selanjutnya serta dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi.Unduhan
Diterbitkan
2020-12-28
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).