The Pengembangan Desain Media Pembelajaran Bahasa Arab dan Materinya berbasis New Media berdasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v3i1.3400Abstrak
Dunia pendidikan nasional saat ini sedang dihadapkan dengan kemajuan teknologi revolusi industri 4.0, yang artinya semua kegiatan belajar mengajar harus segera mengikuti dan menerapkannya. Evaluasi pendidikan seluruh mata pelajaran di hampir seluruh sekolah sudah mulai menerapkan evaluasi berbasis digital, termasuk MAN Sidoarjo. Namun, itu masih sebatas pada evaluasi belum mengarah pada media pembelajaran dan materinya. Oleh karena itu, peneliti akan mencoba menawarkan sebuah desain media pembelajaran dan materi-materi ajar berdasarkan kurikulum nasional 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain media pembelajaran bahasa Arab dan materinya berbasis new media di MAN Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian research and development model Borg & Gall level 4 sampai tahap mendesain produk. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan menghasilkan satu media pembelajaran berbasis new media berupa website khusus pembelajaran bahasa Arab beserta latihan dan ujiannya yang diharapkan bisa memecahkan masalah pembelajaran bahasa Arab di MAN Sidoarjo. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Materi Ajar, New Media, Kurikulum 2013.Unduhan
Diterbitkan
2019-12-31
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).