Pengembangan Materi Ajar Secara 3D Augmented Reality Untuk Pengajaran Berbicara Bahasa Arab
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v3i1.3357Abstrak
Proses pembelajaran yang umumnya berjalan di setiap kelas hanya terpaku pada satu sumber belajar yaitu buku pelajaran membuat peserta didik merasa jenuh dalam belajar. Mereka merasa sulit belajar terutama dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Seorang pendidik harus mampu untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Sehingga perlu variasi model materi ajar yang membuat peserta didik tertarik dalam belajar berbicara bahasa Arab. Salah satu cara yaitu dengan melakukan pengembangan materi ajar yang berbasis elektronik seperti pembuatan media 3D Augmented Reality yang bisa di gunakan peserta didik untuk belajar berbicara Bahasa Arab hanya dengan Handphone Android. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini nantinya adalah menggunakan metode Research and Development (RnD). Yang mana media ini akan diuji coba pada peserta didik diantaranya kelas yang beranggotakan dalam skala kecil dan kelas yang beranggotakan dalam skal besar. Dengan begitu akan diketahui hasil data yang jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan materi ajar secara 3D Augmented Reality untuk pengajaran berbicara bahasa Arab, (2) melihat respon peserta didik terhadap pembelajaran berbicara bahasa Arab yang berbasis elektronik, (3) menganalisis apakah terdapat peningkatan secara signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media 3D Augmented Reality dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media 3D Augmented Reality dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Dari penelitian yang akan dilakukan ini, diharapkan peserta didik semakin tertarik untuk belajar berbicara bahasa Arab dengan praktis dan efisien.Unduhan
Diterbitkan
2019-12-31
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).