Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

media pembelajaran bahasa arab berbasis teknologi informasi

Penulis

  • Abdul Muntaqim Al Anshory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v3i1.3089

Kata Kunci:

media pembelajaran, teknologi informasi, pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran bahasa arab berbasis teknologi informasi di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data adalah dosen-dosen PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2018-2019 dengan instrumen penelitian berupa observasi dan angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) sebagian besar dosen (90%) telah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran Bahasa Arab, 2) media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang digunakan beragam, yang utama adalah LCD proyektor, dan media social seperti WhatsApp, Youtube, dan Instagram, 3) materi pelajaran yang paling sering diajarkan dengan menggunakan Media pembelajaran berbasis teknologi informasi adalah materi mendengar dan kosakata, 4) banyak kendala yang dihadapi dosen ketika menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, di antaranya adalah: media pembelajaran tidak  bisa digunakan untuk semua pelajaran, penggunaan media tidak sesuai dengan rentang waktu pelajaran, lemahnya jaringan internet yang tersedia, kadang-kadang listrik mati, beberapa media sudah rusak dan sedikitnya keterampilan dosen dalam menggunakan media.

Diterbitkan

2020-01-04

Terbitan

Bagian

Articles