PROPHETIC LEARNING IN ELT

Pembelajaran Ala Nabi dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • AGUS HUSEIN AS SABIQ IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v1i2.1786

Kata Kunci:

pembelajaran ala Nabi; kebudayaan; integrasi; bahasa Inggris

Abstrak

Pembelajaran afektif merupakan substansi dari proses pembelajaran. Hal ini berguna untuk mengembangkan kecerdasan moral. Sebagai muslim, Nabi Muhammad menjadi teladan dalam semua aspek dalam kehidupan mereka. dari menguji beberapa hadis, Nabi Muhammad tidak hanya menunjukkan dalam aspek kognitif dan afektif saja, akan tetapi dalam beberapa kondisi, Nabi Muhammad juga memberikan teladan bagaimana untuk belajar dan mengajar. Oleh karena itu pembelajaran ala Nabi perlu diintregasikan ke dalam konten-konten instruksional sehingga siswa dapat mengembangkan sikap mereka dengan baik. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang penting, akan tetapi di samping itu bahasa Inggris juga mengajarkan ide-ide sekuler yang mana merupakan budaya dari bahasa Inggris itu sendiri. Integrasi pembelajaran ala Nabi ke dalam pengajaran bahasa Inggris dapat dilaksanakan melalui; 1) guru sebagai model, 2) pemberian stimulus respon, 3) bercerita, 4) pemberian analogi/contoh, 5) praktik langsung, 6) materi-materi aplikatif, 7) memberi saran, 8) pernyataan penutup.

Diterbitkan

2018-10-12

Terbitan

Bagian

Articles