AN ANALYSIS ON CBT NATIONAL EXAMINATION EFFECT: STUDENTS’ COGNITIVE READINESS AND ANXIETY FACING ENGLISH TESTS

Penulis

  • PIPIT MULIYAH STAI Sufyan Tsauri Majenang

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v1i2.1785

Kata Kunci:

CBT; PBT; cognitive readiness; anxiety; national examination

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ujian nasional CBT dan PBT terhadap kesiapan kognitif siswa dan kesiapan mental menghadapi ujian nasional bahasa Inggris di Kabupaten Cilacap, pengaruh jurusan dalam hal kesiapan kognitif siswa dan kecemasan menghadapi ujian nasional bahasa Inggris. di Kabupaten Cilacap, dan interaksi antara ujian nasional dan jurusan. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dan metode ex-post facto. Populasinya adalah semua siswa SMA IPA dan IPS kelas XII di Kabupaten Cilacap barat. Jumlah sampel yang digunakan adalah 674 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan ujian nasional dalam hal kesiapan kognitif siswa dan kesiapan mental menghadapi ujian nasional. Namun, ujian nasional CBT dan PBT tidak mempengaruhi kesiapan kognitif menghadapi ujian nasional, CBT dan PBT mempengaruhi mental siswa siswa menghadapi ujian nasional. Skor rata-rata kesiapan mental yang menghadapi ujian nasional CBT lebih tinggi daripada kesiapan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional PBT. Tidak ada pengaruh yang disebabkan oleh perbedaan dalam hal kesiapan kognitif dan kesiapan mental dalam menghadapi ujian nasional bahasa Inggris; dan tidak ada interaksi antara berbagai jenis ujian nasional dan jurusan.

Diterbitkan

2018-10-12

Terbitan

Bagian

Articles