AN ANALYSIS ON CBT NATIONAL EXAMINATION EFFECT: STUDENTS’ COGNITIVE READINESS AND ANXIETY FACING ENGLISH TESTS
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v1i2.1785Kata Kunci:
CBT; PBT; cognitive readiness; anxiety; national examinationAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ujian nasional CBT dan PBT terhadap kesiapan kognitif siswa dan kesiapan mental menghadapi ujian nasional bahasa Inggris di Kabupaten Cilacap, pengaruh jurusan dalam hal kesiapan kognitif siswa dan kecemasan menghadapi ujian nasional bahasa Inggris. di Kabupaten Cilacap, dan interaksi antara ujian nasional dan jurusan. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dan metode ex-post facto. Populasinya adalah semua siswa SMA IPA dan IPS kelas XII di Kabupaten Cilacap barat. Jumlah sampel yang digunakan adalah 674 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan ujian nasional dalam hal kesiapan kognitif siswa dan kesiapan mental menghadapi ujian nasional. Namun, ujian nasional CBT dan PBT tidak mempengaruhi kesiapan kognitif menghadapi ujian nasional, CBT dan PBT mempengaruhi mental siswa siswa menghadapi ujian nasional. Skor rata-rata kesiapan mental yang menghadapi ujian nasional CBT lebih tinggi daripada kesiapan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional PBT. Tidak ada pengaruh yang disebabkan oleh perbedaan dalam hal kesiapan kognitif dan kesiapan mental dalam menghadapi ujian nasional bahasa Inggris; dan tidak ada interaksi antara berbagai jenis ujian nasional dan jurusan.
Unduhan
Diterbitkan
2018-10-12
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).