PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI MADRASAH

(Analisis Pendekatan, Model dan Prosedur)

Penulis

  • Roviin . . Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v1i2.1248

Kata Kunci:

Pengembangan Kurikulum, Bahasa Arab, Madrasah

Abstrak

Abstrak Artikel ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengembangan kurikulum bahasa Arab di madrasah. Pengembangan kurikulum bahasa Arab di madrasah mengacu pada Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 165 tahun  2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan bahasa Arab di Madrasah. Dalam pengembangan kurikulum, masing-masing pendekatan, model dan prosedur memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di madrasah, pendekatan fungsional lebih tepat digunakan dengan model memadukan semua keterampilan berbahasa sekaligus dalam satu tema yang disebut dengan model all in one system/nadhariyyah al-wihdah. Dari pendekatan dan model tersebut bisa diwujudkan melalui prosedur gabungan antara top-down dan bottom-up. Standar isi yang menjadi acuan pengembangan kurikulum bahasa Arab disusun secara tematik untuk digunakan dalam empat kemahiran berbahasa, yaitu mendengar (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah) dan menulis (kitabah).

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-12

Terbitan

Bagian

Articles