RELASI BAHASA DAN OTAK SERTA GANGGUAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Kata Kunci:
Pembelajaran Bahasa Arab, gangguan berbahasa, neurolinguistikAbstrak
ABSTRAK Komunikasi di antara manusia dipermudah melalui bahasa, yang mencakup ekspresi lisan dan tulisan yang diatur secara terstruktur. Proses bahasa melibatkan berbagai bagian otak, termasuk area-area yang terlibat dalam pemrosesan suara, pengenalan kata, dan memori linguistik. Hal ini penting karena pengetahuan tentang bagaimana otak berinteraksi dengan bahasa dapat membantu dalam merancang metode pengajaran yang lebih efektif. Di samping potensi keberhasilan, siswa yang mempelajari bahasa Arab juga mungkin mendapatkan gangguan berbahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai keterkaitan bahasa dan otak dalam konteks pembelajaran bahasa Arab serta gangguannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Pengumpulan data ini menggunakan metode penelitian yang mengumpulkan data dari berbagai bahan literatur seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang telah dilakukan sebelumnya. Metode yang dipilih untuk analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan adanya relasi bahasa dan otak serta gangguan dalam pembelajaran bahasa Arab melalui penelitian-penelitian serta tes-tes yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu.Unduhan
Diterbitkan
2024-06-05
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yulyana Dewi Nabilah, Nevin Nismah, Shofil Fikri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).