English
Kata Kunci:
students' needs analysis, Introduction to literature, Syllabus developmentAbstrak
Analisis kebutuhan siswa umumnya digunakan untuk mengumpulkan dan menilai informasi yang relevan dengan desain kursus untuk menentukan bagaimana kursus akan dilaksanakan dan tentang apa kursus tersebut dengan memperoleh informasi yang berkaitan dengan kebutuhan siswa. Meliputi bahan ajar, metodologi atau pendekatan pengajaran, rancangan tugas, dan proses evaluasi sebagai suatu proses yang berkesinambungan dimana seluruh proses belajar mengajar dinilai dan dievaluasi agar sesuai dengan mata kuliah yang ada dengan kebutuhan siswa yang selalu berubah. untuk membangun kursus yang efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terkait mata kuliah Pengantar Sastra di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester III sebanyak 127 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner dirancang untuk mengetahui minat siswa terkait sastra Inggris, sedangkan wawancara mendalam digunakan untuk mengkonfirmasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kebutuhan siswa. Hasil analisis kebutuhan masa kini yang berkaitan dengan pengetahuan awal mahasiswa terhadap mata kuliah tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa salah mengartikan istilah sastra dengan teks yang dijadikan acuan penulisan akademik dan mereka sudah familiar dengan membaca teks sastra yang didominasi oleh novel dan cerita pendek dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan analisis kebutuhan sasaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa setuju bahwa pembelajaran sastra Inggris itu penting. Hasil analisis kebutuhan pembelajar menunjukkan bahwa siswa ingin mempelajari beberapa materi sastra Inggris dengan tugas dan proyek tertentu.Unduhan
Diterbitkan
2024-06-05
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Endang Sartika, Maulidiya Umi Handayani, Hary Sulistyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).