Enhancing Speaking Skills of EFL Students Through Debate

Authors

  • Mohammad Sahril Universitas Ibn Kholdun Bogor
  • Cut Nurhalizah Aziz Universitas Ibn Khaldun
  • Atiyatul Kamilah Universitas Ibn Kholdun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v4i1.3822

Keywords:

Speaking skills, EFL students, debate

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunakan metode debat meningkatkan prestasi keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris dan seberapa banyak debat berkontribusi pada setiap aspek keterampilan berbicara. Desain dari penelitian ini adalah kualitatif sebagai studi tindakan. Sebelas siswa Fakultas Keguaran dan Ilmu Pengetahuan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris semester 5 menyelesaikan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner survei sebagai teknik pengumpulan data, termasuk pertanyaan Ya atau Tidak dan satu pertanyaan pernyataan. Secara keseluruhan, para mahasiswa percaya bahwa debat adalah kegiatan belajar yang baik. Data penelitian ini adalah semua kegiatan dalam proses belajar mengajar terkait dengan fokus studi di bidang keterampilan berbicara yang berkaitan dengan siswa EFL, sedangkan proses belajar mengajar sebagai implementasi penulisan terintegrasi sebagai sumber data. Para responden percaya bahwa debat membantu meningkatkan dan membangun keberanian untuk keterampilan berbicara mereka. Selain itu, seperti klaim mahasiswa, manfaat lain dari debat termasuk membangun keberanian dengan argumen spontan, meningkatkan kepercayaan diri, memiliki kosakata baru, dan belajar bagaimana berpikir dengan cara yang kritis.

Downloads

Published

2020-12-08