Pelatihan Manajemen Srategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik Peserta Didik di MA Al Fattahiyyah Tulungagung
Keywords:
Manajemen, Strategi, Prestasi NonakademikAbstract
Berbagai permasalahan tengah dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia saat ini dan manajemen strategi seharusnya dapat menjadi alternatif jalan keluar dari permasalahan-permasalahan tersebut. Permasalahan utama MA Al Fattahiyyah adalah belum dapat mengoptimalkanstrategi dalam menghadapi persaingan dan mengupayakan jaminan mutu yang berkelanjutan.Namun, selamaini pelatihan yang dilakukan dapat dikatakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan sekolah sebagai unit satuan penyelenggara pendidikan dilihat dari perspektif manajemenstrategi. Adanya pengabdian ini ditujukan sebagai upaya peningkatan kualitas pengajaran danpembinaan nonakademik di lingkungan sekolah tersebut. Pelatihan berfokus pada pengembangan metode pembelajaran kreatif di bidang olahraga, seni, dan organisasi serta pelatihan untukmeningkatkan soft skills guru dalam memotivasi dan membimbing siswa. Metode dalam pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang menitikberatkan pada partisipasi aktif peserta dalam mengikuti kegiatan. Hasil pengabdian ini yaitu terealisasinya pelatihanmanajemen strategi guru dalam meningkatkan prestasi nonakademik siswa di MA Al FattahiyyahTulungagung. Pelatihan ini dianggap sesuai dengan kebutuhan guru dalam menyusun strategi untuk meningkatkan prestasi murid. Terlaksananya kegiatan ini memberikan manfaat dandampak yang besar bagi guru dan juga lembaga MA Al Fattahiyyah khususnya dalam hal manajemen strategi. Melalui penerapan manajemen strategi, sekolah dapat membuat keputusan dengantepat untuk merealisasikan rencana yang nantinya merujuk pada tujuan sekolah.References
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan
Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal
Studi Manajemen Pendidikan, 1(2),
https://doi.org/10.29240/jsmp.
v1i2.295
Indrawati, L. R. (2021). Optimalisasi Fungsi
BUMdes Melalui Penguatan Manajemen
dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi
Desa Wisata Ngargogondo Borobudur.
Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 65–
Kemmis S., and McTaggert, R. (1990).
The Action Research Planner. Deakin
University Press.
Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut
Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset
Agama, 1(2), 296–307. https://doi.
org/10.15575/jra.v1i2.14568
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu
Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan,
(1).
Muhtarom, A. (2019). Participation Action
Research dalam Membangun Kesadaran
Pendidikan Anak di Lingkungan
Perkampungan Transisi Kota. Dimas:
Jurnal Pemikiran Agama Untuk
Pendidikan, 18(2), 259–278.
Nafi’ah, Z., & Suyanto, T. (2014). Hubungan
Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler
Akademik Dan Non Akademik Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan
Kewarganegaraan, 3(2).
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan
Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen,
(mor 02), 799–813.
Rochmawati, U. (2019). Manajemen
Pendidikan dan Pelatihan Keahlian
Ganda Guru Sekolah Menengah
Kejuruan. JAMP : Jurnal Administrasi Dan
Manajemen Pendidikan.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran
Dalam Profesi Pendidikan. Alfabeta.
Sedarmayanti. (2019). Manajemen Strategi.
PT Refika Aditama.
Siagian, S. P. (2012). Manajemen Stratejik
(10th edn). Bumi Aksara.
Sulastri. (2020). Kompetensi Profesional Guru
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Journal of Education Research, 1(3),
–264. https://doi.org/10.37985/jer.
v1i3.30
Yulista, K., Samiha, Y. T., & Zainuri, A. (2020).
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Prestasi Non
Akademik Siswa SMP. Studi Manageria:
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,
(2), 129–147.
Zuber-Skerrit. (1993). Improving Learning
and Teaching Through Action Learning
and Action Research Draft Paper for the
HERDSA Conference 1992. University of
Queensland.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Evy Ramadina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).