Pelatihan Manajemen Srategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik Peserta Didik di MA Al Fattahiyyah Tulungagung

Authors

  • Evy Ramadina UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Manajemen, Strategi, Prestasi Nonakademik

Abstract

Berbagai permasalahan tengah dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia saat ini dan manajemen strategi seharusnya dapat menjadi alternatif jalan keluar dari permasalahan-permasalahan tersebut. Permasalahan utama MA Al Fattahiyyah adalah belum dapat mengoptimalkanstrategi dalam menghadapi persaingan dan mengupayakan jaminan mutu yang berkelanjutan.Namun, selamaini pelatihan yang dilakukan dapat dikatakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan sekolah sebagai unit satuan penyelenggara pendidikan dilihat dari perspektif manajemenstrategi. Adanya pengabdian ini ditujukan sebagai upaya peningkatan kualitas pengajaran danpembinaan nonakademik di lingkungan sekolah tersebut. Pelatihan berfokus pada pengembangan metode pembelajaran kreatif di bidang olahraga, seni, dan organisasi serta pelatihan untukmeningkatkan soft skills guru dalam memotivasi dan membimbing siswa. Metode dalam pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang menitikberatkan pada partisipasi aktif peserta dalam mengikuti kegiatan. Hasil pengabdian ini yaitu terealisasinya pelatihanmanajemen strategi guru dalam meningkatkan prestasi nonakademik siswa di MA Al FattahiyyahTulungagung. Pelatihan ini dianggap sesuai dengan kebutuhan guru dalam menyusun strategi untuk meningkatkan prestasi murid. Terlaksananya kegiatan ini memberikan manfaat dandampak yang besar bagi guru dan juga lembaga MA Al Fattahiyyah khususnya dalam hal manajemen strategi. Melalui penerapan manajemen strategi, sekolah dapat membuat keputusan dengantepat untuk merealisasikan rencana yang nantinya merujuk pada tujuan sekolah.

References

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan

Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal

Studi Manajemen Pendidikan, 1(2),

https://doi.org/10.29240/jsmp.

v1i2.295

Indrawati, L. R. (2021). Optimalisasi Fungsi

BUMdes Melalui Penguatan Manajemen

dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi

Desa Wisata Ngargogondo Borobudur.

Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 65–

Kemmis S., and McTaggert, R. (1990).

The Action Research Planner. Deakin

University Press.

Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut

Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset

Agama, 1(2), 296–307. https://doi.

org/10.15575/jra.v1i2.14568

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu

Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan,

(1).

Muhtarom, A. (2019). Participation Action

Research dalam Membangun Kesadaran

Pendidikan Anak di Lingkungan

Perkampungan Transisi Kota. Dimas:

Jurnal Pemikiran Agama Untuk

Pendidikan, 18(2), 259–278.

Nafi’ah, Z., & Suyanto, T. (2014). Hubungan

Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler

Akademik Dan Non Akademik Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan

Kewarganegaraan, 3(2).

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan

Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen,

(mor 02), 799–813.

Rochmawati, U. (2019). Manajemen

Pendidikan dan Pelatihan Keahlian

Ganda Guru Sekolah Menengah

Kejuruan. JAMP : Jurnal Administrasi Dan

Manajemen Pendidikan.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran

Dalam Profesi Pendidikan. Alfabeta.

Sedarmayanti. (2019). Manajemen Strategi.

PT Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2012). Manajemen Stratejik

(10th edn). Bumi Aksara.

Sulastri. (2020). Kompetensi Profesional Guru

dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Journal of Education Research, 1(3),

–264. https://doi.org/10.37985/jer.

v1i3.30

Yulista, K., Samiha, Y. T., & Zainuri, A. (2020).

Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

dalam Meningkatkan Prestasi Non

Akademik Siswa SMP. Studi Manageria:

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,

(2), 129–147.

Zuber-Skerrit. (1993). Improving Learning

and Teaching Through Action Learning

and Action Research Draft Paper for the

HERDSA Conference 1992. University of

Queensland.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Evy Ramadina. (2024). Pelatihan Manajemen Srategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik Peserta Didik di MA Al Fattahiyyah Tulungagung. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 4(1), 107–116. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/9992