Pendampingan Bimbingan Membaca Al-Qur'an dalam Memberantas Buta Huruf Al-Qur'an Anak-anak dengan Metode IQRO di Desa Malungai

Authors

  • Jumrodah IAIN Palangka Raya
  • Lesta Puspita Dewi IAIN Palangka Raya
  • Siti Nasihah IAIN Palangka Raya
  • M Riski IAIN Palangka Raya
  • M. Reza Pahlevi IAIN Palangka Raya
  • Putri Aulia IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.9728

Keywords:

Iqro Method, Al Qur'an, Mangulai Village

Abstract

Desa Malungai merupakan sebuah desa yang mayoritas masyarakatnya non-muslim dengan perbandingan 1:13. Hal ini membuat, masih kurangnya Sumber Daya Manusia khususnya dalam tenaga pendidik agama Islam. Bahkan, masjid ataupun mushola juga tidak tersedia di desa Malungai.Hal ini tentu menyebabkan anak-anak mengalami kesulitan dalam mempelajari dan mendalamiagama Islam khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Apabila permasalahan tersebut diabaikanterus menerus, maka penduduk beragama muslim khususnya anak-anak muslim akan mengalamibuta huruf Al-Qur’an bahkan krisis identitas agama. Oleh karena itu, diperlukan pendampinganbimbingan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan bimbingan belajar membaca Al-Qur’an dengan menerapkan metode iqro pada anak-anak di desa malungai. Metode yangdigunakan pada pendampingan bimbingan ini adalah metode pembinaan dan pelatihan. Teknikpengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang pengabdianini adalah anak-anak muslim desa Malungai sebanyak 5 orang beserta 2 mahasiswa KKN. DenganHasil dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman anak-anak dalam membacaAl-Qur’an dan meningkatkan motivasi anak-anak dalam belajar Al-Qur’an.

References

Ariani, N. (2021). Definisi Konsep Profesi Keguruan. Seri Publikasi Pembelajaran, 3.

Astuti, W., & Nugraheni, R. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an . Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 195-196.

Badruzzaman. (2019). Starategi Pengentasan Buta Huruf Al-Qur'an di Kalangan Pelajar. Cirebon: LP2I IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Dewi, S. (2020). Analisis Implementasi Kegiatan Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia. Muaddib : Islamic Education Journal, 106.

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Ar-Risalah, 20.

Kustianingrum, A. (2020). Peranan Metode Iqra pada Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 3.

Muhammad, H., & Al Mu'min, Y. T. (2021). Pendampingan Belajar Anak-anak Membaca Al-Qur'an Dengan Ilmu Tajwid Di Desa Ratu Jaya Kabupaten Lampung Utara. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 124.

Rohmadi, M., & Nasucha, Y. (2015). Dasar-Dasar Penelitian. Surakarta: Pustaka Briliant.

Syukran, A. S. (2019). FUNGSI AL-QUR’AN BAGI MANUSIA. |Al-I‘jaz , 106.

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran . Inspiratif Pendidikan, 277-278.

Sari, M., Assyakurrohim, D., & Astuti, M. (2023). Mengkaji Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Buta Aksara Al-Qur’an Dan Langkah-Langkah Untuk Pembebasannya. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(Juni), 421–435.

Sufanti, (dkk). (2021). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(30), 615–623.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Jumrodah, Dewi, L. P., Nasihah, S., Riski, M., Pahlevi, M. R., & Aulia, P. (2023). Pendampingan Bimbingan Membaca Al-Qur’an dalam Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Anak-anak dengan Metode IQRO di Desa Malungai. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(2), 133–140. https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.9728