Pendampingan Bimbingan Membaca Al-Qur'an dalam Memberantas Buta Huruf Al-Qur'an Anak-anak dengan Metode IQRO di Desa Malungai
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.9728Keywords:
Iqro Method, Al Qur'an, Mangulai VillageAbstract
Desa Malungai merupakan sebuah desa yang mayoritas masyarakatnya non-muslim dengan perbandingan 1:13. Hal ini membuat, masih kurangnya Sumber Daya Manusia khususnya dalam tenaga pendidik agama Islam. Bahkan, masjid ataupun mushola juga tidak tersedia di desa Malungai.Hal ini tentu menyebabkan anak-anak mengalami kesulitan dalam mempelajari dan mendalamiagama Islam khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Apabila permasalahan tersebut diabaikanterus menerus, maka penduduk beragama muslim khususnya anak-anak muslim akan mengalamibuta huruf Al-Qur’an bahkan krisis identitas agama. Oleh karena itu, diperlukan pendampinganbimbingan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan bimbingan belajar membaca Al-Qur’an dengan menerapkan metode iqro pada anak-anak di desa malungai. Metode yangdigunakan pada pendampingan bimbingan ini adalah metode pembinaan dan pelatihan. Teknikpengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang pengabdianini adalah anak-anak muslim desa Malungai sebanyak 5 orang beserta 2 mahasiswa KKN. DenganHasil dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman anak-anak dalam membacaAl-Qur’an dan meningkatkan motivasi anak-anak dalam belajar Al-Qur’an.References
Ariani, N. (2021). Definisi Konsep Profesi Keguruan. Seri Publikasi Pembelajaran, 3.
Astuti, W., & Nugraheni, R. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an . Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 195-196.
Badruzzaman. (2019). Starategi Pengentasan Buta Huruf Al-Qur'an di Kalangan Pelajar. Cirebon: LP2I IAI Bunga Bangsa Cirebon.
Dewi, S. (2020). Analisis Implementasi Kegiatan Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia. Muaddib : Islamic Education Journal, 106.
Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Ar-Risalah, 20.
Kustianingrum, A. (2020). Peranan Metode Iqra pada Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 3.
Muhammad, H., & Al Mu'min, Y. T. (2021). Pendampingan Belajar Anak-anak Membaca Al-Qur'an Dengan Ilmu Tajwid Di Desa Ratu Jaya Kabupaten Lampung Utara. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 124.
Rohmadi, M., & Nasucha, Y. (2015). Dasar-Dasar Penelitian. Surakarta: Pustaka Briliant.
Syukran, A. S. (2019). FUNGSI AL-QUR’AN BAGI MANUSIA. |Al-I‘jaz , 106.
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran . Inspiratif Pendidikan, 277-278.
Sari, M., Assyakurrohim, D., & Astuti, M. (2023). Mengkaji Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Buta Aksara Al-Qur’an Dan Langkah-Langkah Untuk Pembebasannya. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(Juni), 421–435.
Sufanti, (dkk). (2021). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(30), 615–623.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jumrodah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).