Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Melalui Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Disajikan Untuk Pengabdian Pada Masyarakat di SDN 2 Sumampir
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.9601Keywords:
Kemandirian, Teknologi, Bakat, Minat, LiterasiAbstract
Literasi adalah salah satu aspek penting dalam menyerap dan menambah pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber. Literasi sendiri menjadi hal yang dikembangkan di era sekarang ini. Hal ini terkait dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada kemandirian. Sedangkan kemandirian adalah tuntutan seiring dengan terus berkembangnya sains dan teknologi yang harus dikuasai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi bagi guru dan siswa, khususnya di SD Negeri 2 Sumampir, Purwokerto untuk meningkatkan literasi secara mandiri melalui berbagai kegiatan literasi baik berbasis konvensional maupun digital. Ketersediaan referensi merupakan elemen penting dalam memotivasi guru dan siswa untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi mereka baik melalui media cetak maupun media digital. Kegiatan ini menggunakan metode Forum Grup Discussion di mana para guru dan siswa dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat dalam berliterasi, antara lain melalui penulisan puisi, cerita pendek, diari, dll. Setelah dikelompokkan para guru dan siswa melakukan sesi diskusi yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi. Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan literasi.References
Amin, M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Annur, Y.F., Yuriska, R., & Arditasari, S.T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam Pendidikan . In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Palembang. Universitas PGRI Palembang.
Astuti, S., & Sukardi, T. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa untuk berwirausaha pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (3).
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar.
Jossberger, Helen. (2011). Toward Self Regulated Learning in Vocational Education: Difficulties and Opportunities. Heerlen: Universitaire Pers Maastricht.
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 57-63.
Labudasari, Erna. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah.
Manfaat Membaca Buku Menurut Islam. (n.d.). https://www.mialmuhtadi.sch.id/berita/104334/Infomiladi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Majid, N. W. A., & Rochmah, E. (2018). Self Regulated Learning Strategy In Elementary School. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(1), 167-173.
Purwanti, Lestari Ning. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rochmah, E. (2015). Pengaruh SelfRegulated Learning, Gaya Belajar, dan Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kejuruan se-Kecamatan Weru (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta).
Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya.
Subhi, M. R. I. (2018). Kepribadian dalam prespektif Hamka. Jurnal Fokus Konseling, 4 (1), 51-61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mustasyfa Thabib Kariadi, Muhammad Riyanton, Novita Pri Andini, Prayogo Hadi Sulistio, Laxmi Mustika Cakrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).