Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Melalui Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Disajikan Untuk Pengabdian Pada Masyarakat di SDN 2 Sumampir

Authors

  • Mustasyfa Thabib Kariadi Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Riyanton Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto – Indonesia
  • Novita Pri Andini
  • Prayogo Hadi Sulistio
  • Laxmi Mustika Cakrawati Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto – Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.9601

Keywords:

Kemandirian, Teknologi, Bakat, Minat, Literasi

Abstract

Literasi adalah salah satu aspek penting dalam menyerap dan menambah pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber. Literasi sendiri menjadi hal yang dikembangkan di era sekarang ini. Hal ini terkait dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada kemandirian. Sedangkan kemandirian adalah tuntutan seiring dengan terus berkembangnya sains dan teknologi yang harus dikuasai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi bagi guru dan siswa, khususnya di SD Negeri 2 Sumampir, Purwokerto untuk meningkatkan literasi secara mandiri melalui berbagai kegiatan literasi baik berbasis konvensional maupun digital. Ketersediaan referensi merupakan elemen penting dalam memotivasi guru dan siswa untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi mereka baik melalui media cetak maupun media digital. Kegiatan ini menggunakan metode Forum Grup Discussion di mana para guru dan siswa dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat dalam berliterasi, antara lain melalui  penulisan puisi, cerita pendek, diari, dll. Setelah dikelompokkan para guru dan siswa melakukan sesi diskusi yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi. Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan literasi.

References

Amin, M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Annur, Y.F., Yuriska, R., & Arditasari, S.T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam Pendidikan . In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Palembang. Universitas PGRI Palembang.

Astuti, S., & Sukardi, T. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa untuk berwirausaha pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (3).

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar.

Jossberger, Helen. (2011). Toward Self Regulated Learning in Vocational Education: Difficulties and Opportunities. Heerlen: Universitaire Pers Maastricht.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 57-63.

Labudasari, Erna. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah.

Manfaat Membaca Buku Menurut Islam. (n.d.). https://www.mialmuhtadi.sch.id/berita/104334/Infomiladi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Majid, N. W. A., & Rochmah, E. (2018). Self Regulated Learning Strategy In Elementary School. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(1), 167-173.

Purwanti, Lestari Ning. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rochmah, E. (2015). Pengaruh SelfRegulated Learning, Gaya Belajar, dan Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kejuruan se-Kecamatan Weru (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta).

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya.

Subhi, M. R. I. (2018). Kepribadian dalam prespektif Hamka. Jurnal Fokus Konseling, 4 (1), 51-61.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Kariadi, M. T., Riyanton, M., Andini, N. P., Sulistio, P. H., & Cakrawati, L. M. (2023). Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Melalui Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Disajikan Untuk Pengabdian Pada Masyarakat di SDN 2 Sumampir. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.9601