Implementasi IT dalam Kesiapan Sekolah Menghadapi Akreditasi Sekolah

Authors

  • Fenny Ayu Monia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan
  • Yulifda Elin Yuspita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.9378

Keywords:

sekolah, akreditasi, Kualitas pendidikan, Teknologi dan Informasi

Abstract

Artikel ini berusaha menjelaskan pentingnya Teknologi dan Informasi (TI) dalam persiapan menghadapi Akreditasi sekolah. Akreditasi sendiri merupakan bagian penting dalam Pendidikan yangberupaya memberi evaluasi dan menjamin mutu Pendidikan yang diselenggarakan di satuanLembaga, sekolah. Bahkan Akreditasi ini memiliki beberapa tujuan penting yang muaranya padaupaya perbaikan sekolah yang dilakukan secara berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode analisis kritis dan metode kepustakaan. Dengan meteode tersebut penulius menemukan hasil diskusi bahwa bahwa TI memiliki peran penting dalam kesiapan sekolahmenghadapi akreditasi. TI memberikan kesiapan dokumen administrasi yang rapi, secap efisiendan transparan yang tidak bisa dilakukan melalui cara-cara konvensional. Sekalipun demikian,tidak semua sekola memiliki infrastruktur TI yang memadai yang menjadikan hambatan dalamproses persiapan akrediatasi sekolah.

References

Adu, L. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Azizah, C. P. N., & Subiyantoro, S. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1).

Datuk, A., Arifin, A., & Ramlah, ST. (2023). Urgensi Akreditasi Sekolah dalam Upaya Pemetaan Mutu Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Attractive : Innovative Education Journal, 5(1).

Hendarman, H. (2013). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH. Jurnal Teknodik, 17(3).

Komariah, N., & Mirnawati, M. (2023). MANAJEMEN AKREDITASI SEKOLAH / MADRASAH. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 11(01), 13–27. https://doi.org/10.32520/al-afkar.v11i01.590

Nurhasanah, M. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Islam. Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(2), 77–85.

Pramudya, I. P. (2021). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran di SDN 13 Sungai Siriak. Skripsi. Universitas Nama Universitas, Kota/Kabupaten.

Setyawan, B., & Santoso, H. B. (2020). Peningkatan Kualitas Sekolah melalui Penggunaan Teknologi Informasi dalam Akreditasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 100-105.

Subiantoro, A. (2022). Studi Kasus: Implementasi Teknologi Informasi dalam Kesiapan Akreditasi SDN 13 Sungai Siriak. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(2), 180-190.

Suratmi, D. (2021). Analisis Kesiapan Guru SDN 13 Sungai Siriak dalam Menghadapi Akreditasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 250-265.

Tim Peneliti SDN 13 Sungai Siriak. (2022). Laporan Penelitian: Implementasi Teknologi Informasi dalam Kesiapan Akreditasi Sekolah. SDN 13 Sungai Siriak, Kabupaten/Kota.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ayu Monia, F., & Elin Yuspita, Y. (2023). Implementasi IT dalam Kesiapan Sekolah Menghadapi Akreditasi Sekolah. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(1), 95–102. https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.9378