Implementasi IT dalam Kesiapan Sekolah Menghadapi Akreditasi Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.9378Keywords:
sekolah, akreditasi, Kualitas pendidikan, Teknologi dan InformasiAbstract
Artikel ini berusaha menjelaskan pentingnya Teknologi dan Informasi (TI) dalam persiapan menghadapi Akreditasi sekolah. Akreditasi sendiri merupakan bagian penting dalam Pendidikan yangberupaya memberi evaluasi dan menjamin mutu Pendidikan yang diselenggarakan di satuanLembaga, sekolah. Bahkan Akreditasi ini memiliki beberapa tujuan penting yang muaranya padaupaya perbaikan sekolah yang dilakukan secara berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode analisis kritis dan metode kepustakaan. Dengan meteode tersebut penulius menemukan hasil diskusi bahwa bahwa TI memiliki peran penting dalam kesiapan sekolahmenghadapi akreditasi. TI memberikan kesiapan dokumen administrasi yang rapi, secap efisiendan transparan yang tidak bisa dilakukan melalui cara-cara konvensional. Sekalipun demikian,tidak semua sekola memiliki infrastruktur TI yang memadai yang menjadikan hambatan dalamproses persiapan akrediatasi sekolah.References
Adu, L. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Azizah, C. P. N., & Subiyantoro, S. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1).
Datuk, A., Arifin, A., & Ramlah, ST. (2023). Urgensi Akreditasi Sekolah dalam Upaya Pemetaan Mutu Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Attractive : Innovative Education Journal, 5(1).
Hendarman, H. (2013). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH. Jurnal Teknodik, 17(3).
Komariah, N., & Mirnawati, M. (2023). MANAJEMEN AKREDITASI SEKOLAH / MADRASAH. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 11(01), 13–27. https://doi.org/10.32520/al-afkar.v11i01.590
Nurhasanah, M. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Islam. Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(2), 77–85.
Pramudya, I. P. (2021). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran di SDN 13 Sungai Siriak. Skripsi. Universitas Nama Universitas, Kota/Kabupaten.
Setyawan, B., & Santoso, H. B. (2020). Peningkatan Kualitas Sekolah melalui Penggunaan Teknologi Informasi dalam Akreditasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 100-105.
Subiantoro, A. (2022). Studi Kasus: Implementasi Teknologi Informasi dalam Kesiapan Akreditasi SDN 13 Sungai Siriak. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(2), 180-190.
Suratmi, D. (2021). Analisis Kesiapan Guru SDN 13 Sungai Siriak dalam Menghadapi Akreditasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 250-265.
Tim Peneliti SDN 13 Sungai Siriak. (2022). Laporan Penelitian: Implementasi Teknologi Informasi dalam Kesiapan Akreditasi Sekolah. SDN 13 Sungai Siriak, Kabupaten/Kota.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fenny Ayu Monia, Yulifda Elin Yuspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).