Edukasi Literasi Keuangan Bagi Calon Technopreneur
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.8246Keywords:
Literasi Keuangan, Technopreneur, EdukasiAbstract
Literasi keuangan merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang technopreneur. Aspek keuangan sangat perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan entrepreneur dikarenakan sebagai ujung tombak dalam keberlangsungan suatu usaha. Mahasiswa Prodi Informatika yang mendapatkan mata kuliah technopreneur atau technopreneurship perlu dibekali dengan literasi keuangan yang memadai selain kemampuan dalam penggunaan teknologi. Namun, sesuai dengan latar belakang prodi yang berfokus pada Informatika maka aspek keuangan ini masih kurang dipahami oleh mahasiswa sebagai calon technopreneur. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diadakan pengabdian edukasi mengenai literasi keuangan bagi mahasiswa Informatika sebagai dasar dalam pengelolaan keuangan bagi calon technopreneur. Metode pelaksanaan yang digunakan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pertama proses koordinasi dan persiapan, tahap kedua yaitu pelaksanaan, serta tahap ketiga yaitu evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mengenai keuangan oleh mahasiswa Prodi Informatika yang dibuktikan dengan kenaikan hasil pre-test yang sebesar 42,16 (kurang memahami) menjadi 89,59 (sangat memahami) pada saat post-testReferences
Effendi, B. (2022). Optimalisasi Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Edukasi Literasi Keuangan. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.30984/nyiur.v2i2.382
Gitman, L. J. (2003). Principle of Managerial Finance (10th ed.). Pearson Education.
Grozdanovska, V., Bojkovska, K., & Jankulovski, N. (2017). Financial Management and Financial Planning in the Organizations. European Journal of Business and Management, 9(2), 120–125.
Indrayani, L. (2020). Makna Literasi Keuangan dalam Keberlangsungan Usaha Industri Rumah Tangga Perempuan Bali. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 407–428. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/29858
Kusumaningrum, I. W., Ariwibowo, P., & Priyono. (2022). Peran Literasi Keuangan Dalam Pengetahuan Pengelolaan Keuangan Di Kawasan Perkampungan Betawi Setu Babakan. Sosio E-Kons, 14(3), 246–260. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i3.14295
Kusumastuti, D. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan melalui Pelatihan Evaluasi dan Perencanaan Keuangan Sehat Berbasis syariah pada Pengusaha Muslim Skala Mikro Kecil di Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.5136
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Panggabean, F. Y., Dalimunthe, M. B., Aprinawati, & Napitupulu, B. (2018). Analisis Literasi Keuangan Terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner Kota Medan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 139–147. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.872
Safryani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 319–332. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i3.384
Sari, D. E. (2019). Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Untuk Warga ‘Aisyiyah Kabupaten Sukoharjo Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja dan Anak-Anak. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2694
Sari, R. K., Bangapadang, S. B., & Hidayat, C. H. (2019). Analisis Peran Perguruan Tinggi Terhadap Bonus Demografi Di Indonesia. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 101–107. https://doi.org/10.2207/jjws.88.427
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, VI(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muliasari Pinilih, Intan Shaferi, Lutfia Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).