Pemberdayaan Masyarakat Lansia Desa Pandak Kecamatan Baturraden Melalui Literasi Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.7136Keywords:
Pemeberdayaan Masyarakat, Literasi Al-Qur’an, Metode Al-BarqryAbstract
Al-Qur’an sebagai pegangan utama umat Islam memiliki segudang makna dan nilai yang perlu terus dipelajari dan diamalkan. Untuk mencapai hal itu tahap pertama yang perlu dilakukan adalah kemampuan untuk membacany,. Akan tetapi, yang terjadi sampai hari ini masih banyak dari umat Islam yang sudah mencapai usia dewasa bahkan sudah menginjak usia lanjut tidak dapat membaca kitab suci ini. Maka kegiatan ini bermaksud untuk memberikan kesempatan bagi para lansia untuk bisa belajar al-Qur’an. Lansia dijadikan sebagai objek pengabdian ini dikarenakan minimnya sarana, prasarana serta sumber daya manusia khususnya di desa Pandak Kecamatan Baturraden yang dapat membantu para lansia mendalami literasi al-Qur’an. Dalam pelaksanaan pembinaan atau pendampingan literasi Al-Qur’an ini, tim pengabdi menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Metode ini dipilih dengan asumsi bahwa pengabdian ini harus dihubungkan dengan agenda pemberdayaan masyrakat. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwasanya metode PAR dibantu dengan meotde pembelajaran al-Barqy sangat efektif untuk mengajarkan al-Qur’an dengan waktu yang singkat. Dengan adanya kegiaan mengaji ini tingkat religiusitas masyarakat juga semakin bertambah. Hal ini dilihat bagaiamana musholla kembali ramai didatangi untuk sholat berjama’ah dan semangat masyarakatnya untuk terus mendalami ilmu agama ini..References
Afandi, A. (2013). Articipatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ahmad, Parihin, Rifqi Hammad, Kurniadin Abd Latif, Ria Rismawati, Suriyati, H. F. dan G. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Dengan Metode Iqro’ Untuk Anak Usia 3-10 Tahun. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 113–120. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/177
Alfarizi, M. S., Mahwiyah, F., & ... (2022). Penyempurnaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Lansia Di Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. … : Journal Of …, 1, 27–36. http://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/index.php/DJCE/article/view/278%0Ahttps://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/index.php/DJCE/article/download/278/296
Hulaikah, M., & At-tanwir, S. (2022). Recycling Sampah Plastik Menjadi Produk Bernilai Jual. 2, 45–48.
Intani, L. Q. A. (2019). Kemampuan Mengaji Anak Usia 7 – 12 Tahun Kemampuan Mengaji Anak Usia 7–12 Tahun Melalui Metode Al-Barqy Di TPA Nur Hikmah Depok Lativa. Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Vol. 4, 14–15.
Mawada, A. (2019). Metode Al-Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1–16.
Muhammad Rasyid Ridha. (1373). Tafsir al-Manar (Juz I). Dar al-Manar.
Nasikhah, D., & Prihastuti, D. (2013). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(2), 69–72.
Rama joni, Abdul Rahman, E. Y. (2020). Strategi guru agama desa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran warga desa. Journal of Education and Instruction, 03(01), 1689–1699.
Siti, A. (2020). Literasi Al-Qur’an dalam Mempertahankan Survivalitas Spritulitas Umat. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 203–228. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3960
Sumber, P., Perdesaan, D., Berkelanjutan, L., Munasib, M., & Asyik, N. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN BACA TULIS AL-QURAN Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 442–447.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kurnia Sari Wiwaha, Waliko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).