Optimalisasi Literasi Akad Muamalah Pada BPRS di Kabupaten Banyumas
Abstract
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) menjadi salah satu pilihan penyedia jasa pembiayaan bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Banyumas yang membutuhkan pembiayaan berbasis syariah namun tidak dapat mengakses jasa layanan keuangan di Bank Umum Syariah (BUS). BPRS perlu terus meningkatkan profesionalisme lembaga terutama dengan penguasaan dan pemahaman yang baik terhadap konsep keuangan syariah, karena fakta di lapangan menunjukan bahwa tidak seluruh pengurus dan pengelola BPRS memiliki latar belakang keilmuan ekonomi/perbankan syariah. Oleh sebab itu dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim pengabdian dari program studi Perbankan Syariah UIN Prof. K.H. Zuhri mencanangkan program pengabdian yang berfokus pada optimalisasi manajer pendanaan dan pembiayaan terhadap akad muamalah pada BPRS di Kabupaten Banyumas. Pengabdian masyarakat untuk peningkatan literasi akad muamalah di BPRS Kabupaten Banyumas menggunakan metode perticipatory action research (PAR). Pendekatan PAR meruapakan pendekatan secara kualitatif dengan mengintegrasikan teknik mengamati, mendokumentasikan, menganalisa dan menafsirkan pola dari komunitas sasaran program. Hasil menunjukan bahwa 70% peserta pendampingan mengalami peningkatan pemahaman terhadap akad muamalah.References
Budiarto, Rachmawan. 2015. Pengembangan UMKM: Antara Konseptual Dan Pengalaman Praktis. 1st ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Firmansyah, Anang, and Mahardhika. 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Ghofur, Ruslan. 2015. “Konstruksi Akad Dalam Pengembangan Produk Perbankan Syariah Di Indonesia.” Al-´Adalah 12(3): 493–506.
Kariyoto. 2018. Manajemen Keuangan Konsep Dan Implementasi. Malang: UB Press.
Karsidi, Rahab, and Rasyid Mei Mustofa. 2018. “Strategi Peningkatan Profesionalisme Praktisi Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi 14(2): 13–34.
Muawanah, Uswatun. 2022. “Modal Intelektual Dan Kinerja Keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.” Jurnal Akuntansi dan Audit Syariah 3(1): 53–65.
Naufalin, Lina Rifda. 2020. “Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Banyumas.” 22(1): 95–102.
OJK. 2021. “Daftar Alamat Kantor Pusat BPR Dan BPRS.” OJK.
Qomar, Moh Nurul et al. 2022. “Peningkatan Kualitas UMKM Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (PAR ).” 3(1): 74–81.
Rahma, Rezka Arina, Zulkarnain, Sri Wahyuni, and Ellyn Sugeng Desyanty. 2021. Pelatihan Dan Pendampingan Manajerial Pengembangan Pusat Kegiataan Belajar Masyarakat (PKBM) Berbasis Kewirausahaan. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.
Sugarda, Yanti B. 2020. Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Kholifah, Jamal Abdul Aziz, Arina Nur Arofah, Siti Hanifah Sudiarti, Nur Khasanah Dwi F

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).