Optimalisasi Literasi Akad Muamalah Pada BPRS di Kabupaten Banyumas

Authors

  • Ayu Kholifah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Jamal Abdul Aziz UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Arina Nur Arofah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Siti Hanifah Sudiarti UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Nur Khasanah Dwi F UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.7119

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) menjadi salah satu pilihan penyedia jasa pembiayaan bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Banyumas yang membutuhkan pembiayaan berbasis syariah namun tidak dapat mengakses jasa layanan keuangan di Bank Umum Syariah (BUS). BPRS perlu terus meningkatkan profesionalisme lembaga terutama dengan penguasaan dan pemahaman yang baik terhadap konsep keuangan syariah, karena fakta di lapangan menunjukan bahwa tidak seluruh pengurus dan pengelola BPRS memiliki latar belakang keilmuan ekonomi/perbankan syariah. Oleh sebab itu dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim pengabdian dari program studi Perbankan Syariah UIN Prof. K.H. Zuhri mencanangkan program pengabdian yang berfokus pada optimalisasi manajer pendanaan dan pembiayaan terhadap akad muamalah pada BPRS di Kabupaten Banyumas. Pengabdian masyarakat untuk peningkatan literasi akad muamalah di BPRS Kabupaten Banyumas menggunakan metode perticipatory action research (PAR). Pendekatan PAR meruapakan pendekatan secara kualitatif dengan mengintegrasikan teknik mengamati, mendokumentasikan, menganalisa dan menafsirkan pola dari komunitas sasaran program. Hasil menunjukan bahwa 70% peserta pendampingan mengalami peningkatan pemahaman terhadap akad muamalah.

References

Budiarto, Rachmawan. 2015. Pengembangan UMKM: Antara Konseptual Dan Pengalaman Praktis. 1st ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Firmansyah, Anang, and Mahardhika. 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Ghofur, Ruslan. 2015. “Konstruksi Akad Dalam Pengembangan Produk Perbankan Syariah Di Indonesia.” Al-´Adalah 12(3): 493–506.

Kariyoto. 2018. Manajemen Keuangan Konsep Dan Implementasi. Malang: UB Press.

Karsidi, Rahab, and Rasyid Mei Mustofa. 2018. “Strategi Peningkatan Profesionalisme Praktisi Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi 14(2): 13–34.

Muawanah, Uswatun. 2022. “Modal Intelektual Dan Kinerja Keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.” Jurnal Akuntansi dan Audit Syariah 3(1): 53–65.

Naufalin, Lina Rifda. 2020. “Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Banyumas.” 22(1): 95–102.

OJK. 2021. “Daftar Alamat Kantor Pusat BPR Dan BPRS.” OJK.

Qomar, Moh Nurul et al. 2022. “Peningkatan Kualitas UMKM Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (PAR ).” 3(1): 74–81.

Rahma, Rezka Arina, Zulkarnain, Sri Wahyuni, and Ellyn Sugeng Desyanty. 2021. Pelatihan Dan Pendampingan Manajerial Pengembangan Pusat Kegiataan Belajar Masyarakat (PKBM) Berbasis Kewirausahaan. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.

Sugarda, Yanti B. 2020. Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Kholifah, A., Aziz, J. A., Arofah, A. N., Sudiarti, S. H., & Dwi F, N. K. (2023). Optimalisasi Literasi Akad Muamalah Pada BPRS di Kabupaten Banyumas. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 127–140. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.7119