Menumbuhkan Literasi Siswa Melalui Perpustakaan Luar Kelas

Authors

  • Asep Firmansyah UIN Walisongo Semarang
  • Arief Darmawan UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6811

Keywords:

Literasi, Perpustakaan di luar kelas, Siswa

Abstract

Keberadaan buku di sekolah dalam ruangan khusus yang disebut perpustakaan terkadang belum sepenuhnya memberikan manfaat bagi siswa. Seperti yang terjadi di MTs Islamiyah Waled Kab. Cirebon. Dari pengamatan yang Tim Pengabdian lakukan, perpustakaan di MTs Islamiyah Waled belum dikelola dengan baik. Hal ini berdasarkan beberapa indikator 1) tidak ada pustakawan, 2) penataan dan klasifikasi jenis buku tidak rapi, 3) banyak buku hibah pemerintah yang tidak terjamah dan dibiarkan menumpuk, 4) kebersihan buku dan ruangan kurang terawat, 5) tempat membaca tidak tersedia, dan 6) tidak ada sosialisasi dan motivasi tentang membaca kepada siswa. Dari beberapa permasalahan tersebut, Tim Pengabdian kemudian tergerak untuk mengelola sumber bacaan di MTs Islamiyah Waled melalui perpustakaan di luar kelas. Metode yang digunakan Tim Pengabdian adalah metode promosi, kunjungan langsung, atau pelayanan langsung di titik-titik berkumpul siswa seperti di pinggir lapangan, di depan ruang administrasi, dan di dekat tempat parkir. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa MTs Islamiyah Waled dari kelas VII sampai d. kelas IX. Tim Pengabdian melakukan kegiatan ini pada istirahat pertama yaitu pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB. Awalnya siswa kurang merespon. Namun, setelah beberapa hari para siswa menjadi tertarik dan perpustakaan di luar kelas mulai ramai. Dalam kegiatan ini Tim Pengabdian juga melayani peminjaman buku. Tim Pengabdian menjajakan berbagai jenis buku antara lain buku-buku ilmu umum, agama, sastra, motivasi, dan lain-lain. Tim Pengabdian juga mengadakan tambahan buku yang dibeli dari toko buku bekas yang dikumpulkan dari dana kegiatan kesiswaan dan dari kas OSIS.

References

Adhim, Mohammad Fauzi. 2007. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizania.
Bangsawan, Irwan P. Ratu. 2018. Minat Baca Siswa. Banyuasin: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Banyuasin.
Darmadi. 2018. Membaca Yuk (Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini). Bogor: Guepedia.
Darmono. 2004. Perpustakaan Sekolah; Pendekatan Apek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.
Firmansyah, Asep. 2020. Menjadi Pelajar 24 Jam. Purwokerto: Vigi Bless Publisher.

Ahmad Hanafi. (2020). Kecenderungan Anak Bermain Gawai Hubungannya dengan Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar dan EduBase, Vol. 1 No. 1, Hal. 30-40.
Delfina. 2018. Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Melalui Pembuatan Jurnal Membaca dan Bimbingan Membaca. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2, Hal. 81-87.
Rafida Saputri, dkk. 2021. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues. Vol. 2 No. 2, Hal. 108-116.
Ruslan dan Sri Hayu Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Hal. 767-775.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Firmansyah, A., & Darmawan, A. (2022). Menumbuhkan Literasi Siswa Melalui Perpustakaan Luar Kelas. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6811