Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Ta’lim Muta’allim di Masjid Al Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6757Keywords:
Maharah Qiro'ah, Kitab Kuning, Ta'lim Muta'alimAbstract
Kitab Ta’lim Muta’alim karya Imam Jarnuzi menjadi sumber bacaan dan kajian di pesantren dan luar pesantren. Kitab tersebut mengandung ajaran yang bermanfaat bagi santri atau peserta didik dalam mencari ilmu, yaitu adab. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini mendampingi santri Masjid Al-Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kemampuan baca (maharah qiroah) santri terhadap Kitab Ta’lim Muta’alim. Program ini dilaksanakan selama 40 hari dengan metode bandongan dan amtsilati. Tujuan diadakan PkM ini, selain untuk meningkatkan kemampuan baca santri namun juga memberikan kemampuan dasar gramatika bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan santri dalam memahami kandungan kitab Ta’lim Muta’alim. PkM dilaksanakan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program. Hasil pelaksanaan PkM menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman dasar nahwu dan sharaf santri meningkat. Peningkatan ini berdampak pada meningkatnya kemampuan baca (maharah qiroah) santri terhadap kitab Ta’lim Muta’alim.References
Hanur, Binti Su’aidah, and Titik Widayati. 2019. “Character Building Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’Alim.” JCE (Journal of Childhood Education) 2(2):176–92.
Karim, Hamdi Abdul. 2020. “Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga Keislaman.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5(2):139–50.
Lubis, Henny Zurika, and Putry Ramadhani Sopi Pulungan. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi.” LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI) 1(2):156–67.
Rahma, Fatimah Nur, Fransisca Wulandari, and Difa Ul Husna. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2470–77.
Rahmatullah, Azam Syukur. 2017. “Upaya Penguatan ‘Motivasi Berakhlakul Karimah’ Terhadap Peserta Didik Beribu Nenek Dengan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim (Studi Di MTs Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan Kebumen, Jawa Tengah).” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 1(2):146–58.
Rifa’i, Ahmad. 2016. “Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern.” Universum: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan 10(2).
Saihu, Saihu. 2020. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3(1):99–112.
Sumakul, Yunita, and Shanti Ch N. Ruata. 2020. “Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi COVID-19.” Journal of Psychology “Humanlight” 1(1):1–7.
Suwandi, Edo, Oking Setia Priyatna, and H. Kamalludin. 2020. “Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Perilaku Santri.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 5(2):93–98.
Zamhari, Muhammad, and Ulfa Masamah. 2017. “Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11(2):421–42.
Karim, Hamdi Abdul. 2020. “Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga Keislaman.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5(2):139–50.
Lubis, Henny Zurika, and Putry Ramadhani Sopi Pulungan. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi.” LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI) 1(2):156–67.
Rahma, Fatimah Nur, Fransisca Wulandari, and Difa Ul Husna. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2470–77.
Rahmatullah, Azam Syukur. 2017. “Upaya Penguatan ‘Motivasi Berakhlakul Karimah’ Terhadap Peserta Didik Beribu Nenek Dengan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim (Studi Di MTs Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan Kebumen, Jawa Tengah).” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 1(2):146–58.
Rifa’i, Ahmad. 2016. “Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern.” Universum: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan 10(2).
Saihu, Saihu. 2020. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3(1):99–112.
Sumakul, Yunita, and Shanti Ch N. Ruata. 2020. “Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi COVID-19.” Journal of Psychology “Humanlight” 1(1):1–7.
Suwandi, Edo, Oking Setia Priyatna, and H. Kamalludin. 2020. “Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Perilaku Santri.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 5(2):93–98.
Zamhari, Muhammad, and Ulfa Masamah. 2017. “Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11(2):421–42.
Downloads
Published
2022-08-17
How to Cite
Sa’dudin, I., Saumantri, T., Nur Fadilah, N. R., & Safitri, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Ta’lim Muta’allim di Masjid Al Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6757
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ihsan Sa'dudin, Theguh Saumantri, Novi Rofi'ah Nur Fadilah, Eka Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).