Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Ta’lim Muta’allim di Masjid Al Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Authors

  • Ihsan Sa'dudin IAIN Syekh Nurjati
  • Theguh Saumantri IAIN Syekh Nurjati
  • Novi Rofi'ah Nur Fadilah IAIN Syekh Nurjati
  • Eka Safitri Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6757

Keywords:

Maharah Qiro'ah, Kitab Kuning, Ta'lim Muta'alim

Abstract

Kitab Ta’lim Muta’alim karya Imam Jarnuzi menjadi sumber bacaan dan kajian di pesantren dan luar pesantren. Kitab tersebut mengandung ajaran yang bermanfaat bagi santri atau peserta didik dalam mencari ilmu, yaitu adab. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini mendampingi santri Masjid Al-Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kemampuan baca (maharah qiroah) santri terhadap Kitab Ta’lim Muta’alim. Program ini dilaksanakan selama 40 hari dengan metode bandongan dan amtsilati. Tujuan diadakan PkM ini, selain untuk meningkatkan kemampuan baca santri namun juga memberikan kemampuan dasar gramatika bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan santri dalam memahami kandungan kitab Ta’lim Muta’alim. PkM dilaksanakan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program. Hasil pelaksanaan PkM menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman dasar nahwu dan sharaf santri meningkat. Peningkatan ini berdampak pada meningkatnya kemampuan baca (maharah qiroah) santri terhadap kitab Ta’lim Muta’alim.

References

Hanur, Binti Su’aidah, and Titik Widayati. 2019. “Character Building Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’Alim.” JCE (Journal of Childhood Education) 2(2):176–92.
Karim, Hamdi Abdul. 2020. “Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga Keislaman.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5(2):139–50.
Lubis, Henny Zurika, and Putry Ramadhani Sopi Pulungan. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi.” LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI) 1(2):156–67.
Rahma, Fatimah Nur, Fransisca Wulandari, and Difa Ul Husna. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2470–77.
Rahmatullah, Azam Syukur. 2017. “Upaya Penguatan ‘Motivasi Berakhlakul Karimah’ Terhadap Peserta Didik Beribu Nenek Dengan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim (Studi Di MTs Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan Kebumen, Jawa Tengah).” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 1(2):146–58.
Rifa’i, Ahmad. 2016. “Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern.” Universum: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan 10(2).
Saihu, Saihu. 2020. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3(1):99–112.
Sumakul, Yunita, and Shanti Ch N. Ruata. 2020. “Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi COVID-19.” Journal of Psychology “Humanlight” 1(1):1–7.
Suwandi, Edo, Oking Setia Priyatna, and H. Kamalludin. 2020. “Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Perilaku Santri.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 5(2):93–98.
Zamhari, Muhammad, and Ulfa Masamah. 2017. “Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11(2):421–42.

Downloads

Published

2022-08-17

How to Cite

Sa’dudin, I., Saumantri, T., Nur Fadilah, N. R., & Safitri, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Ta’lim Muta’allim di Masjid Al Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6757