Pelatihan dan Pendampingan Test of English as Foreign Language Bagi Dosen FKIP Universitas Peradaban
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6732Keywords:
TOEFL (Test of English as a Foreign Language), Kecapakan Berbahasa Inggris, Pengembangan Karir dan studi, Sertifikasi Dosen, BeasiswaAbstract
Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme dalam penguasaan Bahasa Inggris bagi seorang Dosen adalah memperoleh nilai TOEFL (Test of English as a Foreign Language) yang cukup untuk menunjukkan kecakapan mereka dalam berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diberikan kepada para dosen FKIP Universitas Peradaban Brebes. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik dan menambah pengetahuan mereka dan bagaimana menghadapi TOEFL. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik mengenai TOEFL kepada para dosen FKIP Universitas Peradaban, Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah digunakan untuk penyampaian materi pelatihan, sedangkan metode diskusi digunakan dalam sesi tanya jawab. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain: 1) Para pendidik khususnya Dosen FKIP Universitas Peradaban dapat memahami TOEFL dengan lebih baik; 2) Dosen FKIP Universitas Peradaban dapat mengenali jenis soal-soal yang diujikan dalam TOEFL dengan lebih baik; 3) Dosen FKIP Universitas Peradaban mampu menggunakan tips dan trik yang terdapat di dalam soal TOEFL dengan lebih baik; dan 4) Dosen FKIP Universitas Peradaban mampu mendapatkan score TOEFL yang lebih tinggi untuk mengembangkan karir, studi, dan program-program pengembangan diri lainnya.References
Ang-zie, K. (2020). 14 Exams In Preparation & Practice Test Toefl: Toefl. Genta Group Production.
Bottery, M. (2000). Education, policy and ethics. London: Continuum.
Chang, J. (2006). Globalization and English in Chinese higher education. World Englishes, 25(3/4), 513-525.
Fitria, T. N,, & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes Toefl (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. 2(2), 173-180.
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. 12.
Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
Johan, H.F., & Juwita, A. (2015). Smart way to TOEFL: Get the better of English, New York, NY: Longman.
Kariadi, M. T., Riyanton M. (2020). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)Berbasis Kearifan Lokal. 10(1). 249-261
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.
Larasati, P & Tim I-Smart University. (2012). Target nilai TOEFL 600: Strategi no.1 tembus score TOEFL tinggi. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.
Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. 8.
Marliasari ,Sherly. (2019). Pelatihan Toefl Remaja Karang Taruna Tunas Mulia. 1 (2), 103-109
Nawawi, Hadari. (2017). Toefl Antara Penting Dan Frustasi: Analisis Kebijakan “TOEFL” Di Universitas Tanungpura. 2 (1). 37-44.
Phillips, D. 2004. Introductory course for the TOEFL Test: New York: Longman
Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan Skor TOEFL. https://books.google.co.id/books?id=Xk0PBAAAQBAJ&pg=PA2&dq=TES+TOEFL&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwighYjGkqzsAhXCSH0KHXDQB2kQ6AEwBXoECAUQAg#v=onepage&q=TES%20TOEFL&f=false
Supriyatno, Helmi. (2022). Menunjang Kompetensi Dosen melalui Pelatihan TOEFL. https://www.harianbhirawa.co.id/menunjang-kompetensi-dosen-melalui-pelatihan-toefl/
Tsui, A. B. M., & Tollefson, J. W. (2007). Language policy and the construction of national cultural identity. In A. B. M. Tsui & J. W. Tollefson (Eds.), Language policy, culture, and identity in Asian contexts (pp. 1-21). London: Lawrence Erlbaum
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477
Bottery, M. (2000). Education, policy and ethics. London: Continuum.
Chang, J. (2006). Globalization and English in Chinese higher education. World Englishes, 25(3/4), 513-525.
Fitria, T. N,, & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes Toefl (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. 2(2), 173-180.
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. 12.
Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
Johan, H.F., & Juwita, A. (2015). Smart way to TOEFL: Get the better of English, New York, NY: Longman.
Kariadi, M. T., Riyanton M. (2020). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)Berbasis Kearifan Lokal. 10(1). 249-261
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.
Larasati, P & Tim I-Smart University. (2012). Target nilai TOEFL 600: Strategi no.1 tembus score TOEFL tinggi. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.
Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. 8.
Marliasari ,Sherly. (2019). Pelatihan Toefl Remaja Karang Taruna Tunas Mulia. 1 (2), 103-109
Nawawi, Hadari. (2017). Toefl Antara Penting Dan Frustasi: Analisis Kebijakan “TOEFL” Di Universitas Tanungpura. 2 (1). 37-44.
Phillips, D. 2004. Introductory course for the TOEFL Test: New York: Longman
Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan Skor TOEFL. https://books.google.co.id/books?id=Xk0PBAAAQBAJ&pg=PA2&dq=TES+TOEFL&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwighYjGkqzsAhXCSH0KHXDQB2kQ6AEwBXoECAUQAg#v=onepage&q=TES%20TOEFL&f=false
Supriyatno, Helmi. (2022). Menunjang Kompetensi Dosen melalui Pelatihan TOEFL. https://www.harianbhirawa.co.id/menunjang-kompetensi-dosen-melalui-pelatihan-toefl/
Tsui, A. B. M., & Tollefson, J. W. (2007). Language policy and the construction of national cultural identity. In A. B. M. Tsui & J. W. Tollefson (Eds.), Language policy, culture, and identity in Asian contexts (pp. 1-21). London: Lawrence Erlbaum
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477
Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Kariadi, M. T. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Test of English as Foreign Language Bagi Dosen FKIP Universitas Peradaban. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6732
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mustasyfa Thabib Kariadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).