Pelatihan dan Pendampingan Test of English as Foreign Language Bagi Dosen FKIP Universitas Peradaban

Authors

  • Mustasyfa Thabib Kariadi Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6732

Keywords:

TOEFL (Test of English as a Foreign Language), Kecapakan Berbahasa Inggris, Pengembangan Karir dan studi, Sertifikasi Dosen, Beasiswa

Abstract

Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme dalam penguasaan Bahasa Inggris bagi seorang Dosen adalah memperoleh nilai TOEFL (Test of English as a Foreign Language) yang cukup untuk menunjukkan kecakapan mereka dalam berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diberikan kepada para dosen FKIP Universitas Peradaban Brebes. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik dan menambah pengetahuan mereka dan bagaimana menghadapi TOEFL. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik mengenai TOEFL kepada para dosen FKIP Universitas Peradaban, Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah digunakan untuk penyampaian materi pelatihan, sedangkan metode diskusi digunakan dalam sesi tanya jawab. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain: 1) Para pendidik khususnya Dosen FKIP Universitas Peradaban dapat memahami TOEFL dengan lebih baik; 2) Dosen FKIP Universitas Peradaban dapat mengenali jenis soal-soal yang diujikan dalam TOEFL dengan lebih baik; 3) Dosen FKIP Universitas Peradaban mampu menggunakan tips dan trik yang terdapat di dalam soal TOEFL dengan lebih baik; dan 4) Dosen FKIP Universitas Peradaban mampu mendapatkan score TOEFL yang lebih tinggi untuk mengembangkan karir, studi, dan program-program pengembangan diri lainnya.

References

Ang-zie, K. (2020). 14 Exams In Preparation & Practice Test Toefl: Toefl. Genta Group Production.
Bottery, M. (2000). Education, policy and ethics. London: Continuum.
Chang, J. (2006). Globalization and English in Chinese higher education. World Englishes, 25(3/4), 513-525.
Fitria, T. N,, & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes Toefl (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. 2(2), 173-180.
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. 12.

Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67

Johan, H.F., & Juwita, A. (2015). Smart way to TOEFL: Get the better of English, New York, NY: Longman.
Kariadi, M. T., Riyanton M. (2020). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)Berbasis Kearifan Lokal. 10(1). 249-261
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.
Larasati, P & Tim I-Smart University. (2012). Target nilai TOEFL 600: Strategi no.1 tembus score TOEFL tinggi. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.
Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. 8.
Marliasari ,Sherly. (2019). Pelatihan Toefl Remaja Karang Taruna Tunas Mulia. 1 (2), 103-109
Nawawi, Hadari. (2017). Toefl Antara Penting Dan Frustasi: Analisis Kebijakan “TOEFL” Di Universitas Tanungpura. 2 (1). 37-44.
Phillips, D. 2004. Introductory course for the TOEFL Test: New York: Longman
Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan Skor TOEFL. https://books.google.co.id/books?id=Xk0PBAAAQBAJ&pg=PA2&dq=TES+TOEFL&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwighYjGkqzsAhXCSH0KHXDQB2kQ6AEwBXoECAUQAg#v=onepage&q=TES%20TOEFL&f=false
Supriyatno, Helmi. (2022). Menunjang Kompetensi Dosen melalui Pelatihan TOEFL. https://www.harianbhirawa.co.id/menunjang-kompetensi-dosen-melalui-pelatihan-toefl/
Tsui, A. B. M., & Tollefson, J. W. (2007). Language policy and the construction of national cultural identity. In A. B. M. Tsui & J. W. Tollefson (Eds.), Language policy, culture, and identity in Asian contexts (pp. 1-21). London: Lawrence Erlbaum
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Kariadi, M. T. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Test of English as Foreign Language Bagi Dosen FKIP Universitas Peradaban. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6732