Optimalisasi Belajar Menyenangkan di Hari Bermutu pada SD IT BAiturrahim Parik Putuih

Authors

  • Iltavia Iltavia IAIN Bukittinggi
  • Bambang Trisno
  • Absharini Kardena
  • Yulifda Elin Puspita
  • Puti Andam Dewi
  • Elviana Elviana
  • Fathur Rahmi
  • Hidra Ariza
  • Fenny Ayu Monia
  • Wira Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6524

Keywords:

Belajar menyenangkan, pengembangan diri, proses belajar

Abstract

Pembelajaran di sekolah mesti menyenangkan baik oleh guru apalagi bagi peserta didiknya. Karena dengan belajar yang menyenangkan peserta didik bisa mengembangkan dirinya dalam proses aktivitas belajar. Peserta didik mengekspresikan diri tanpa terpaksa atau dikendalikan oleh peserta didik lain yang berada disekitarnya. Sehingga prinsip belajar dan bermain yang menyenangkan dapat diwujudkan dan potensi yang ada dalam dirinya dapat dioptimalkan. Sementara dilapangan masih banyak guru yang belum mengoptimalkan kreatifitasnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang menyenangkan. Padahal, kreativitas guru di dalam pembelajaran yang menyenangkan sangat diharapkan dan sangat dibutuhkan oleh siswa. Oleh karenanya pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan belajar yang menyenangkan di hari bermutu pada SDIT Baiturrahim Parik Putuih. Hasil dari kegiatan pengabdian ini memperlihatkan peserta didik terlihat sangat antusias mengikuti pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari pemateri, seperti integrasi permainan dan teknologi pada proses pembeajaran di sekolah

References

Dewantara, A. H., B, A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Grace, M., Campagnolo, P. D. B., Alves, I. M. D. R., De Borba, G. S., & Seemiller, C. (2020). What makes learning enjoyable Perspectives of today s college students in the U.S. and Brazil. Journal of Pedagogical Research, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33902/jpr.2020065267
Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). Problematika Penggunan Alat Permainan Edukatif Pada Pembelajaran Di PAUD Al-Jihadul dan PAUD An-Nur Kabupaten Lombok Timur. 3(1), 52–62.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4
Markopoulos, P. (2021). Entertainment Computing – ICEC 2021. 13056(November). https://doi.org/10.1007/978-3-030-89394-1
Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan FKIP- Universitas Suryakancana, XVIII, 1–16.
Mulyati, M. (2019). Alim | Journal of Islamic Educatioan. Alim Journal of Islamic, I(2), 389–400.
Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243.
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Wilkinson, M. P., Slaney, C. L., Mellor, J. R., & Jane Robinson, E. S. (2021). Investigation of reward learning and feedback sensitivity in non-clinical participants with a history of early life stress. PLoS ONE, 16(12 December), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0260444

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Iltavia, I., Trisno, B., Kardena, A., Elin Puspita, Y., Dewi, P. A., Elviana, E., Rahmi, F., Ariza, H., Monia, F. A., & Wahyuni, W. (2022). Optimalisasi Belajar Menyenangkan di Hari Bermutu pada SD IT BAiturrahim Parik Putuih. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6524