Optimalisasi Belajar Menyenangkan di Hari Bermutu pada SD IT BAiturrahim Parik Putuih
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6524Keywords:
Belajar menyenangkan, pengembangan diri, proses belajarAbstract
Pembelajaran di sekolah mesti menyenangkan baik oleh guru apalagi bagi peserta didiknya. Karena dengan belajar yang menyenangkan peserta didik bisa mengembangkan dirinya dalam proses aktivitas belajar. Peserta didik mengekspresikan diri tanpa terpaksa atau dikendalikan oleh peserta didik lain yang berada disekitarnya. Sehingga prinsip belajar dan bermain yang menyenangkan dapat diwujudkan dan potensi yang ada dalam dirinya dapat dioptimalkan. Sementara dilapangan masih banyak guru yang belum mengoptimalkan kreatifitasnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang menyenangkan. Padahal, kreativitas guru di dalam pembelajaran yang menyenangkan sangat diharapkan dan sangat dibutuhkan oleh siswa. Oleh karenanya pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan belajar yang menyenangkan di hari bermutu pada SDIT Baiturrahim Parik Putuih. Hasil dari kegiatan pengabdian ini memperlihatkan peserta didik terlihat sangat antusias mengikuti pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari pemateri, seperti integrasi permainan dan teknologi pada proses pembeajaran di sekolahReferences
Dewantara, A. H., B, A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Grace, M., Campagnolo, P. D. B., Alves, I. M. D. R., De Borba, G. S., & Seemiller, C. (2020). What makes learning enjoyable Perspectives of today s college students in the U.S. and Brazil. Journal of Pedagogical Research, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33902/jpr.2020065267
Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). Problematika Penggunan Alat Permainan Edukatif Pada Pembelajaran Di PAUD Al-Jihadul dan PAUD An-Nur Kabupaten Lombok Timur. 3(1), 52–62.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4
Markopoulos, P. (2021). Entertainment Computing – ICEC 2021. 13056(November). https://doi.org/10.1007/978-3-030-89394-1
Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan FKIP- Universitas Suryakancana, XVIII, 1–16.
Mulyati, M. (2019). Alim | Journal of Islamic Educatioan. Alim Journal of Islamic, I(2), 389–400.
Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243.
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Wilkinson, M. P., Slaney, C. L., Mellor, J. R., & Jane Robinson, E. S. (2021). Investigation of reward learning and feedback sensitivity in non-clinical participants with a history of early life stress. PLoS ONE, 16(12 December), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0260444
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Grace, M., Campagnolo, P. D. B., Alves, I. M. D. R., De Borba, G. S., & Seemiller, C. (2020). What makes learning enjoyable Perspectives of today s college students in the U.S. and Brazil. Journal of Pedagogical Research, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.33902/jpr.2020065267
Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). Problematika Penggunan Alat Permainan Edukatif Pada Pembelajaran Di PAUD Al-Jihadul dan PAUD An-Nur Kabupaten Lombok Timur. 3(1), 52–62.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4
Markopoulos, P. (2021). Entertainment Computing – ICEC 2021. 13056(November). https://doi.org/10.1007/978-3-030-89394-1
Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan FKIP- Universitas Suryakancana, XVIII, 1–16.
Mulyati, M. (2019). Alim | Journal of Islamic Educatioan. Alim Journal of Islamic, I(2), 389–400.
Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243.
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Wilkinson, M. P., Slaney, C. L., Mellor, J. R., & Jane Robinson, E. S. (2021). Investigation of reward learning and feedback sensitivity in non-clinical participants with a history of early life stress. PLoS ONE, 16(12 December), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0260444
Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Iltavia, I., Trisno, B., Kardena, A., Elin Puspita, Y., Dewi, P. A., Elviana, E., … Wahyuni, W. (2022). Optimalisasi Belajar Menyenangkan di Hari Bermutu pada SD IT BAiturrahim Parik Putuih. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.6524
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 iltavia iltavia, Bambang Trisno, Absharini Kardena, Yulifda Elin Puspita, Puti Andam Dewi, Elviana Elviana, Fathur Rahmi, Hidra Ariza, Fenny Ayu Monia, Wira Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).