Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar

Aksara Jawa, Pembentukan Karakter, Pendampingan Belajar.

Authors

  • Fadli Nur Arifin UIN PROF. KH. Saifuddin Zuhri

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885

Keywords:

Aksara Jawa, Pembentukan Karakter, Pendampingan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran aksara jawa dalam pembentukan karakter anak melalui program pendampingan belajar yang dilakukan oleh orangtua selama masa pandemi. Pada penelitian ini peneliti akan berfokus pada bagaimana aksara jawa dapat membentuk karakter anak melalui program pendampingan belajar yang dilakukan oleh orangtua di Desa Pekuncen, Karanglewas, Banyumas. Aksara jawa merupakan salah satu dari sekian banyak budaya di Indonesia. Dari hasil wawancara yang dilakukan, aksara jawa dapat membentuk karakter anak. Pembentukan karakter pada anak dapat dilakukan oleh orangtua dengan berbagai program salah satunya dengan menggunakan program pendampingan belajar. Pendampingan belajar orangtua dalam mengenalkan aksara jawa kepada anak dapat dilakukan dengan metode; (i) menceritakan sejarah singkat aksara jawa, (ii) mengenalkan kepada anak apa saja bentuk tulisan aksara jawa dan bagaimana cara membacanya, (iii) membimbing anak untuk belajar cara membaca dan menulis aksara jawa. Namun dalam prosesnya tidaklah mudah karena tidak semua anak langsung tertarik untuk belajar aksara jawa.

References

Fitriah, S. FONOLOGI BAHASA JAWA DIALEK JAWA TIMUR
Hambali, I. (2013). TA: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Andriod (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya)
Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151-158.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Pribadi, P., & Prasetyo, A. (2018). Aplikasi Alat Bantu Belajar Menulis Aksara Jawa Berbasis Multimedia Untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. IT CIDA, 2(1).
Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99-110.
Retnowati, S., & Widiana, H. S. (2021). PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 7(2), 94-99.
Sari, G. A. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA (Penelitian pada siswa SD Negeri Tanggulrejo 1 Tempuran Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Susiati, S. (2020). Kaidah Fonologi Bahasa Indonesia.
Wijayanti, H. A., & Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Arifin, F. N. (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar: Aksara Jawa, Pembentukan Karakter, Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885