Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar
Aksara Jawa, Pembentukan Karakter, Pendampingan Belajar.
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885Keywords:
Aksara Jawa, Pembentukan Karakter, Pendampingan BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran aksara jawa dalam pembentukan karakter anak melalui program pendampingan belajar yang dilakukan oleh orangtua selama masa pandemi. Pada penelitian ini peneliti akan berfokus pada bagaimana aksara jawa dapat membentuk karakter anak melalui program pendampingan belajar yang dilakukan oleh orangtua di Desa Pekuncen, Karanglewas, Banyumas. Aksara jawa merupakan salah satu dari sekian banyak budaya di Indonesia. Dari hasil wawancara yang dilakukan, aksara jawa dapat membentuk karakter anak. Pembentukan karakter pada anak dapat dilakukan oleh orangtua dengan berbagai program salah satunya dengan menggunakan program pendampingan belajar. Pendampingan belajar orangtua dalam mengenalkan aksara jawa kepada anak dapat dilakukan dengan metode; (i) menceritakan sejarah singkat aksara jawa, (ii) mengenalkan kepada anak apa saja bentuk tulisan aksara jawa dan bagaimana cara membacanya, (iii) membimbing anak untuk belajar cara membaca dan menulis aksara jawa. Namun dalam prosesnya tidaklah mudah karena tidak semua anak langsung tertarik untuk belajar aksara jawa.References
Fitriah, S. FONOLOGI BAHASA JAWA DIALEK JAWA TIMUR
Hambali, I. (2013). TA: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Andriod (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya)
Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151-158.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Pribadi, P., & Prasetyo, A. (2018). Aplikasi Alat Bantu Belajar Menulis Aksara Jawa Berbasis Multimedia Untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. IT CIDA, 2(1).
Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99-110.
Retnowati, S., & Widiana, H. S. (2021). PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 7(2), 94-99.
Sari, G. A. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA (Penelitian pada siswa SD Negeri Tanggulrejo 1 Tempuran Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Susiati, S. (2020). Kaidah Fonologi Bahasa Indonesia.
Wijayanti, H. A., & Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.
Hambali, I. (2013). TA: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Andriod (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya)
Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151-158.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Pribadi, P., & Prasetyo, A. (2018). Aplikasi Alat Bantu Belajar Menulis Aksara Jawa Berbasis Multimedia Untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. IT CIDA, 2(1).
Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99-110.
Retnowati, S., & Widiana, H. S. (2021). PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 7(2), 94-99.
Sari, G. A. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA (Penelitian pada siswa SD Negeri Tanggulrejo 1 Tempuran Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Susiati, S. (2020). Kaidah Fonologi Bahasa Indonesia.
Wijayanti, H. A., & Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.
Downloads
Published
2022-02-14
How to Cite
Arifin, F. N. (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar: Aksara Jawa, Pembentukan Karakter, Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fadli Nur Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).