Pelatihan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tartili di Desa Cindaga Kecamatan Kebasen

Authors

  • Ainun Nadza Putri UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Purwokerto
  • Arif Hidayat UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.5362

Keywords:

Tartili method, children, Al-Qur’an

Abstract

Wahyu Allah Swt. yang paling sempurna dan suci ialah Al-Qur’an. Setiap muslim dituntut untuk dapat memahami dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya. Anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa harus memiliki ilmu pengetahuan, khususnya Al-Qur’an denganbaik, supaya kelak mereka dapat menjadi insan yang berakhlakul karimah. Terdapat beragammetode yang populer dan sering dipergunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, salah satunyaialah metode Tartili. Metode ini menurut saya metode yang cocok diterapkan pada pembelajaranAl-Qur’an khususnya anak-anak, karena setiap jilid dikemas dengan ringkas dan lengkap dengantajwid. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi ilmu baca dan tulis Al-Qur’an kepada anakanak di Desa Cindaga Kecamatan Kebasen. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakanmetode yang digunakan. Hasil penelitian ini yaitu dengan adanya pelatihan membaca Al Qur’ankhususnya pada materi huruf Hijaiah peserta didik bisa membaca huruf Hijaiah sesuai denganmakhārij al-ḥurūf. Peneliti juga menyelipkan beberapa kegiatan-kegiatan pendukung yang membuat kegiatan ini membosankan dan tidak menarik sehingga tujuan dari pelatihan ini dapat tercapai secara maksimal.

References

Farikhin, F. (2022). Penerapan Metode Tartili Daiam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Hikmah Kertonagoro Jenggawah Jember. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 15–45. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v3i1.24

Hernawan, D., & Muthoifin, M. (2019). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Lubis, R. R., Mahrani, N., Margolang, D., & Assingkily, M. S. (2020). Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara. Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.275

Maesaroh, S. (1970). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Nopiyanti, D., Ghofar, A., & Nawawi, N. (2018). Pengaruh Metode Qiraati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7-12 Tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatus Shibyan Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v3i1.2855

Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 32. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.21

Purnama, M. D., & Sarbini et al. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Alquran Bagi Santri Usia Tamyiz di Kuttab Al-Fatih Bantarjati Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1, 179–191.

Safliana, E. (2020). AL- SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MANUSIA. JIHAFAS, 3(2).

Setiawan, E. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL AL-QUR’AN MELALUI METODE ALBANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Journal AL-MUDARRIS, 1(2), 68. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.170

Subhan Adi Santoso, Maftuhah, M., & Suharsono, S. (2019). Implementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–18. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.32

Wiwik Anggranti. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BACA-TULIS AL-QUR’AN (Studi Deskriptif-Analitik di SMP Negeri 2 Tenggarong). Intelegensia, 1(1), 14.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Putri, A. N., & Hidayat, A. (2023). Pelatihan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tartili di Desa Cindaga Kecamatan Kebasen. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.5362