Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Religius Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.5355Keywords:
Pendidikan karakter, religius, TPQAbstract
Dengan adanya kecanggihan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi perilaku anak termasuk pada karakter. Dengan era globalisasi yang tinggi sangat penting sekali bagi setiap individu mendapatkan pendidikan karakter. Adanya lembaga pendidikan formal dan non formal seharusnya dapat menjadi solusi untuk memperbaiki karakter anak bangsa. Salah satu pendidikan non formal yang ada dilingkungan masyarakat adalah TPQ. Ada beberapa TPQ yang ada di desa Bodas Karangjati salah satunya TPQ Mushola Al-Muttaqin. TPQ Mushola Al-Muttaqin merupakan TPQ yang menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an sebagai upaya dalam membentuk karakter religius pada anak. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program dalam penanaman karakter religius, hambatan dalam pelaksanaan program serta cara mengatasi masalah dalam pelaksanaan program. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ditemukan dalam penelitian ini bahwa, dalam pelaksanaan program TPQ Mushola Al-Muttaqin dalam upaya membentuk karakter yang religius adalah dengan pengajaran Al-Qur’an secara mendalam, penghafalan doa sehari-hari, serta penghafalan surat-surat dalam juz ‘amma. Penelitian ini juga menemukan bahwa hambatan dalam pelaksanaan program di TPQ Mushola Al-Muttaqin adalah banyaknya peserta didik sehingga keadaan ramai dan terkadang asyik bermain sendiri. Lokasi tempat yang strategis membuat para pedagang berhenti di sekitar TPQ sehingga anak-anak tidak fokus dalam pembelajaran. Serta ketidakhadiran beberapa guru membuat keadaan tidak kondusif karena apabila hanya satu guru yang hadir maka keadaan akan sangat tidak kondusif dan guru akan kewalahan menghadapi anak-anak. Dengan hal tersebut ditemukan cara mengatasi hambatan yang ada, adalah dengan membiarkan anak belajar sambil bermain, ketegasan, teguran serta pemberian hukuman ringan pada anak-anak yang sampai mengganggu yang lain. Pendidikan Al-Qur’an seharusnya diberikan pada anak sejak dini. Pendidikan Al-Qur’an adalah pendidikan yang sangat penting dalam membentuk karakter yang religius pada anak. Dengan mengajarkan pendidikan yang baik sejak dini pada anak akan menjadikan anak memiliki karakter yang baik. Dengan ilmu agama yang terpenuhi sejak dini akan menjadikan anak menerapkan ilmu agama sampai dewasa. Sehingga sangat penting bagi orang tua dalam memperhatikan ilmu agama pada anak.References
Faizah, M, dkk. (2020). Peningkatan
Kemampuan Membaca Al Quran Santri
TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan
Fashohatul Lisan. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Bidang Keagamaan. Vol. 1,
No. 1: 38-41.
Imasnyah. (2020). Membentuk Karakter
Religius Siswa Melalui Pembelajaran
Al- Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Hulu
Sungai Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan
dan Sosial. Vol. 7. No. 1. 2020.
Lisa Retnasari, dkk. (2019). Penguatan Peran
Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ)
Sebagai Pendidikan Karakter Religius.
Jurnal SOLMA. Vol. 08. No. 01.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muhammad, Fahrurrozi. (2020).
Pengembangan Pendidikan Karakter
di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur‟an)
Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram.
Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3.
No. 2. September 2020.
Nurhasanah, M. (2020). Konsep Pendidikan
Menurut Islam. Al-Lubab : Jurnal
Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan
Islam, 6(2), 77–85.
Rosyida, Nurul Anwar. (2021). Pendidikan
Al-Qur‟an Sebagai Upaya Membentuk
Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan
dan Konseling. Vol. 3. No. 1.
Sulistiana, Agus. (2018). Upaya Guru Dalam
Membina Dan Membentuk Sikap Religius
Santri Di TPQ Nur Rohman Perum
Kemiling Permai Pekan Sabtu Kota
Bengkulu. (Institut A g a m a
Islam Negeri Bengkulu, 2018)
Diakses dari https://www.google.
com/url?esrc=s&q=&rct=j&sa=U&u
rl=http://repository.iainb engkulu.
ac.id/2581/1/skripsi%2520agus%25
sulistiana%2520pdf.pdf&ved=2ah
UKEwjSsKHQ49TyAhUq7HMBHdg7C
EQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw2Ks
mLgj8aqvvDGKp3EGwZSuriah, M. (2018). Metode Yanbu’a untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran pada Kelompok B-2 RA Permata
Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan
Madrasah, Vol. 3, No. 2: 291-299.
Wiwik Anggranti. (2016). PENERAPAN
METODE PEMBELAJARAN BACA-TULIS
AL-QUR’AN (Studi Deskriptif-Analitik di
SMP Negeri 2 Tenggarong). Intelegensia,
(1), 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lutfiah Aris Widianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).