Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Religius Pada Anak

Authors

  • Lutfiah Aris Widianti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.5355

Keywords:

Pendidikan karakter, religius, TPQ

Abstract

Dengan adanya kecanggihan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi perilaku anak termasuk pada karakter. Dengan era globalisasi yang tinggi sangat penting sekali bagi setiap individu mendapatkan pendidikan karakter. Adanya lembaga pendidikan formal dan non formal seharusnya dapat menjadi solusi untuk memperbaiki karakter anak bangsa. Salah satu pendidikan non formal yang ada dilingkungan masyarakat adalah TPQ. Ada beberapa TPQ yang ada di desa Bodas Karangjati salah satunya TPQ Mushola Al-Muttaqin. TPQ Mushola Al-Muttaqin merupakan TPQ yang menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an sebagai upaya dalam membentuk karakter religius pada anak. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program dalam penanaman karakter religius, hambatan dalam pelaksanaan program serta cara mengatasi masalah dalam pelaksanaan program. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ditemukan dalam penelitian ini bahwa, dalam pelaksanaan program TPQ Mushola Al-Muttaqin dalam upaya membentuk karakter yang religius adalah dengan pengajaran Al-Qur’an secara mendalam, penghafalan doa sehari-hari, serta penghafalan surat-surat dalam juz ‘amma. Penelitian ini juga menemukan bahwa hambatan dalam pelaksanaan program di TPQ Mushola Al-Muttaqin adalah banyaknya peserta didik sehingga keadaan ramai dan terkadang asyik bermain sendiri. Lokasi tempat yang strategis membuat para pedagang berhenti di sekitar TPQ sehingga anak-anak tidak fokus dalam pembelajaran. Serta ketidakhadiran beberapa guru membuat keadaan tidak kondusif karena apabila hanya satu guru yang hadir maka keadaan akan sangat tidak kondusif dan guru akan kewalahan menghadapi anak-anak. Dengan hal tersebut ditemukan cara mengatasi hambatan yang ada, adalah dengan membiarkan anak belajar sambil bermain, ketegasan, teguran serta pemberian hukuman ringan pada anak-anak yang sampai mengganggu yang lain. Pendidikan Al-Qur’an seharusnya diberikan pada anak sejak dini. Pendidikan Al-Qur’an adalah pendidikan yang sangat penting dalam membentuk karakter yang religius pada anak. Dengan mengajarkan pendidikan yang baik sejak dini pada anak akan menjadikan anak memiliki karakter yang baik. Dengan ilmu agama yang terpenuhi sejak dini akan menjadikan anak menerapkan ilmu agama sampai dewasa. Sehingga sangat penting bagi orang tua dalam memperhatikan ilmu agama pada anak.

References

Faizah, M, dkk. (2020). Peningkatan

Kemampuan Membaca Al Quran Santri

TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan

Fashohatul Lisan. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Bidang Keagamaan. Vol. 1,

No. 1: 38-41.

Imasnyah. (2020). Membentuk Karakter

Religius Siswa Melalui Pembelajaran

Al- Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Hulu

Sungai Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan

dan Sosial. Vol. 7. No. 1. 2020.

Lisa Retnasari, dkk. (2019). Penguatan Peran

Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ)

Sebagai Pendidikan Karakter Religius.

Jurnal SOLMA. Vol. 08. No. 01.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhammad, Fahrurrozi. (2020).

Pengembangan Pendidikan Karakter

di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur‟an)

Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram.

Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3.

No. 2. September 2020.

Nurhasanah, M. (2020). Konsep Pendidikan

Menurut Islam. Al-Lubab : Jurnal

Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan

Islam, 6(2), 77–85.

Rosyida, Nurul Anwar. (2021). Pendidikan

Al-Qur‟an Sebagai Upaya Membentuk

Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan

dan Konseling. Vol. 3. No. 1.

Sulistiana, Agus. (2018). Upaya Guru Dalam

Membina Dan Membentuk Sikap Religius

Santri Di TPQ Nur Rohman Perum

Kemiling Permai Pekan Sabtu Kota

Bengkulu. (Institut A g a m a

Islam Negeri Bengkulu, 2018)

Diakses dari https://www.google.

com/url?esrc=s&q=&rct=j&sa=U&u

rl=http://repository.iainb engkulu.

ac.id/2581/1/skripsi%2520agus%25

sulistiana%2520pdf.pdf&ved=2ah

UKEwjSsKHQ49TyAhUq7HMBHdg7C

EQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw2Ks

mLgj8aqvvDGKp3EGwZSuriah, M. (2018). Metode Yanbu’a untuk

Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran pada Kelompok B-2 RA Permata

Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan

Madrasah, Vol. 3, No. 2: 291-299.

Wiwik Anggranti. (2016). PENERAPAN

METODE PEMBELAJARAN BACA-TULIS

AL-QUR’AN (Studi Deskriptif-Analitik di

SMP Negeri 2 Tenggarong). Intelegensia,

(1), 14.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Widianti, L. A. (2023). Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Religius Pada Anak. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(1), 83–94. https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.5355