Pendampingan Pengelolaan Emosi Diri dalam Pertumbuhan Anak-Anak Usia Dini Melalui Kegiatan TPQ Al Barokah dan Bimbingan Belajar

Authors

  • Ciptandi Dwi Pangestuti IAIN Purwokerto
  • Pangestika Rizki Utami UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.5316

Keywords:

pendidikan, anak, emosi

Abstract

Kecerdasan sebuah pengelolaan emosi sangat  di butuhkan dalam dunia anak-anak, karena  emosi diri merupakan bagian dari sebuah kematangan perkembang tumbuhan anak yang sangat di perlukan, karena anak-anak akan menjadi generasi berikutnya yang harus kita jaga baik dalam pola berfikir, tingkah laku, dan dalam pengelolaan emosi.  dalam sistem pendidikan yang di lakukan dengan melakukan kegiatan TPQ (keagamaan) dan bimbel(umum), untuk memberikan pendidikan yang lengkap dan seimbang agar terbentuk jiwa emosi yang stabil. Sebelum kegiatan ini di lakukan kegiatan TPQ dan bimbel di liburkan, sehingga kegiatan anak-anak dalam mendapatkan pendidikan agama tertunda, dan sekarang berjalan dengan  baik yang di ikuti oleh anak-anak meski terbatas. Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa Dalam kegiatan TPQ dan bimbel ini telah memaksimalkan yang di lakukan, untuk memberikan kegiatan pembelajaran kepada anak-anak di desa Bancarkembar, yang efektif dan tergeraknya kegiatan yang di selenggarakan dalam mengatur, memantau dan mengarahkan anak-anak untuk bisa mengelolah emosi dan tingkah laku yang di perankan oleh orang tua dan guru di sekitar agar stabil dalam kehidupannya yang bisa memberikan gambaran keseluruhan kehidupan.

References

Fitiana,L B. &Apriani, W.R.2019. Studi

Kompratif Pengetahuan Orang Tua Tentang Tempertatrum Yang Di Berikan Pendidian Kesehatan Dengan Media Power Point dan Flip Chart. Jurnal Ilmu Kesehatan,1(1)

Goleman, D. (1999). Emotional

Intellegence.(Ali bahasa: T.Hermaya). Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Hasiana, I. (2020). Peran Keluarga

Dalam Pengendalian Perilaku Emosional Pada Anak Usia 5-6. Jurnal TahunChild Education. 2(1). 23-33

Hidayati, E & Nurwanah, N. (2019). Tingkat

Kecemasan Tergadap Prestasi Akademik Pengurus Ikatan Muhammadiyah ,Indonesia. Jurnal for Health Sciences,3(1)

Ida. J, Masluyah, Purwanti.

(2019)Pengendalian Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat,Jurnal Paud

Muhammad Shaleh, dkk.(2019), analisis

perkembangan sosial-emosiona tercapai dan tidak tercapai siswa usia dasar. Jurnal of islamic primarry education. 2(2)

Nurjannah, N. (2017) mengembangkan

kecerdasan sosial emosional anak usia dini Melalui Keteladanan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Dakwah Islam,14(1), 50-61

Resti M. Heri Y.M.Sumardi, (2020)AnalisiA

Kemampuan Mengelolah Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Rivew).JurnalPaud Agapedia,4.(2).300-313

Sabrina dkk. (2022). Pendampingan Anak Usia Dini Dan Penerapan Pendidikan Mental Anak Melalui Public Speaking Dan Story Telling. Jurnal UMJ, 3.

Tusyana, Etrengginas, R dan Suyadi

(2019) Analisis Perkembanga Sosial – Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, 3(1), 18-26

Winda,T . R,Dwi, P. DH, Mila,K. (2020)Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. 9(1). 94-102

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Pangestuti, C. D., & Utami, P. R. (2022). Pendampingan Pengelolaan Emosi Diri dalam Pertumbuhan Anak-Anak Usia Dini Melalui Kegiatan TPQ Al Barokah dan Bimbingan Belajar . Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 211–219. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.5316