Pendampingan Pengelolaan Emosi Diri dalam Pertumbuhan Anak-Anak Usia Dini Melalui Kegiatan TPQ Al Barokah dan Bimbingan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.5316Keywords:
pendidikan, anak, emosiAbstract
Kecerdasan sebuah pengelolaan emosi sangat di butuhkan dalam dunia anak-anak, karena emosi diri merupakan bagian dari sebuah kematangan perkembang tumbuhan anak yang sangat di perlukan, karena anak-anak akan menjadi generasi berikutnya yang harus kita jaga baik dalam pola berfikir, tingkah laku, dan dalam pengelolaan emosi. dalam sistem pendidikan yang di lakukan dengan melakukan kegiatan TPQ (keagamaan) dan bimbel(umum), untuk memberikan pendidikan yang lengkap dan seimbang agar terbentuk jiwa emosi yang stabil. Sebelum kegiatan ini di lakukan kegiatan TPQ dan bimbel di liburkan, sehingga kegiatan anak-anak dalam mendapatkan pendidikan agama tertunda, dan sekarang berjalan dengan baik yang di ikuti oleh anak-anak meski terbatas. Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa Dalam kegiatan TPQ dan bimbel ini telah memaksimalkan yang di lakukan, untuk memberikan kegiatan pembelajaran kepada anak-anak di desa Bancarkembar, yang efektif dan tergeraknya kegiatan yang di selenggarakan dalam mengatur, memantau dan mengarahkan anak-anak untuk bisa mengelolah emosi dan tingkah laku yang di perankan oleh orang tua dan guru di sekitar agar stabil dalam kehidupannya yang bisa memberikan gambaran keseluruhan kehidupan.References
Fitiana,L B. &Apriani, W.R.2019. Studi
Kompratif Pengetahuan Orang Tua Tentang Tempertatrum Yang Di Berikan Pendidian Kesehatan Dengan Media Power Point dan Flip Chart. Jurnal Ilmu Kesehatan,1(1)
Goleman, D. (1999). Emotional
Intellegence.(Ali bahasa: T.Hermaya). Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Hasiana, I. (2020). Peran Keluarga
Dalam Pengendalian Perilaku Emosional Pada Anak Usia 5-6. Jurnal TahunChild Education. 2(1). 23-33
Hidayati, E & Nurwanah, N. (2019). Tingkat
Kecemasan Tergadap Prestasi Akademik Pengurus Ikatan Muhammadiyah ,Indonesia. Jurnal for Health Sciences,3(1)
Ida. J, Masluyah, Purwanti.
(2019)Pengendalian Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat,Jurnal Paud
Muhammad Shaleh, dkk.(2019), analisis
perkembangan sosial-emosiona tercapai dan tidak tercapai siswa usia dasar. Jurnal of islamic primarry education. 2(2)
Nurjannah, N. (2017) mengembangkan
kecerdasan sosial emosional anak usia dini Melalui Keteladanan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Dakwah Islam,14(1), 50-61
Resti M. Heri Y.M.Sumardi, (2020)AnalisiA
Kemampuan Mengelolah Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Rivew).JurnalPaud Agapedia,4.(2).300-313
Sabrina dkk. (2022). Pendampingan Anak Usia Dini Dan Penerapan Pendidikan Mental Anak Melalui Public Speaking Dan Story Telling. Jurnal UMJ, 3.
Tusyana, Etrengginas, R dan Suyadi
(2019) Analisis Perkembanga Sosial – Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, 3(1), 18-26
Winda,T . R,Dwi, P. DH, Mila,K. (2020)Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. 9(1). 94-102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ciptandi dwi pangestuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).