Metode Daring dan Luring Guna Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.5259Keywords:
Model Humas, PPDB, Metode Daring , LuringAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan dengan mengembangan model humas dan penerapanya untuk meningkatkan Penerimaan. .Peserta..Didik….Baru.(PPDB)..Madrasah.. melalui.. daring. dan ..luring …di…kabupaten… Purbalingga dan Banyumas. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui wawancara, ceramah observasi, workshop dan pendampingan pada model Daring (online) dan luring (offline). Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat di madrasah melalui implementasi model Humas melalui strategi yang diterapkan di masyarakat, strategi tersebut adalah: 1) pendekatan kepada masyarakat, 2) partisipasi dalam program kemasyarakatan, 3) Anjangsana pada masyarakat sebagai pengguna pendidikan, 4) Program - Program sekolah yang diberikan kepada masyarakat untuk dipresentasikan, 5) keprofesionalan humas. Sedangkan aplikasinya, yang dapat dilakukan oleh petugas humas melalui formulir online, dalam memberikan informasi tentang institusinya kepada publik tidak jauh berbeda dengan formulir online, yang memberikan informasi tentang sekolah untuk disediakan oleh Komunitas, tetapi yang lebih ditekankan adalah formulir online pada media teknologi berbasis internet / media digital online dan informasi pada umumnya. Penyampaiannya menggunakan media sosial seperti: Whatsapp, Facebook, Instagram, Youtube dan website، baik dengan template foto maupun dalam bentuk videoReferences
Daftar Pustaka
A, Andjani, dkk.(2018).Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Universita Djuanda Bogor, Jurnal Komunikatio. Vol. 4, No. 1
Blight dalam Hisyam Zaini, Bermawy Muthe dan Sekar Ayu.(2018) . Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.89.
Data Madrasah di Kabupaten Banyumas, Kemenag Kabuupaten Banyumas di Purwokerto.
Frank Jefkins.(2004), Public Realtions, edisi 5, Jakarta: Erlangga.
Novan.(2019). Manajemen Humas di sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Qoimah dan Susana Aliyannata, Membangun Pelayanan Publik Yang Prima: Strategi Manajemen Humas Dalam Penyampaian Program Unggulan di Lembaga Pendidikan Universitas Nurul Jadid Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. I, No. 2, Juli 2018.
Sofanudin, Aji. (2012). Model Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Madrasah Ibtidiyah Di Jawa Tengah. Jurnal Nadwa, Balitbang Kemenag Jawa Tengah Volume 6 Nomor 1, Mei 2012.
Sugiono. 2015. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayogo, Imam.tth. Gagasan, Aksi, dan Solusi Pembangunan Madrasah. Quo Vadis Madrasah.
A, Andjani, dkk.(2018).Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Universita Djuanda Bogor, Jurnal Komunikatio. Vol. 4, No. 1
Blight dalam Hisyam Zaini, Bermawy Muthe dan Sekar Ayu.(2018) . Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.89.
Data Madrasah di Kabupaten Banyumas, Kemenag Kabuupaten Banyumas di Purwokerto.
Frank Jefkins.(2004), Public Realtions, edisi 5, Jakarta: Erlangga.
Novan.(2019). Manajemen Humas di sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Qoimah dan Susana Aliyannata, Membangun Pelayanan Publik Yang Prima: Strategi Manajemen Humas Dalam Penyampaian Program Unggulan di Lembaga Pendidikan Universitas Nurul Jadid Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. I, No. 2, Juli 2018.
Sofanudin, Aji. (2012). Model Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Madrasah Ibtidiyah Di Jawa Tengah. Jurnal Nadwa, Balitbang Kemenag Jawa Tengah Volume 6 Nomor 1, Mei 2012.
Sugiono. 2015. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayogo, Imam.tth. Gagasan, Aksi, dan Solusi Pembangunan Madrasah. Quo Vadis Madrasah.
Downloads
Published
2022-08-17
How to Cite
Ningsih, T., & Intansari, A. I. (2022). Metode Daring dan Luring Guna Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i1.5259
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anggita Isty Intansari, Tutuk Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).