Peningkatan Literasi Keuangan melalui Pelatihan Evaluasi dan Perencanaan Keuangan Sehat Berbasis syariah pada Pengusaha Muslim Skala Mikro Kecil di Purwokerto

Authors

  • Dani Kusumastuti Kusumastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.5136

Keywords:

literasi keuangan, keuangan sehat berbasis syariah, pengusaha muslim

Abstract

Banyaknya warga yang tertipu investasi bodong, terjerat rentenir dan mengalami masalah bisnis menunjukkan kurangnya literasi keuangan masyarakat. Karenaya, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan guna memberikan pengetahuan sekaligus ketrampilan kepada peserta agar dapat mengevaluasi keuangannya dan membuat perencanaan keuangan yang memadai. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan tindakan kelas, melalui ceramah, self-assement  terdampingi dan dialog. Perangkat yang digunakan berupa modul dan lembar self assessment. Evaluasi dilakukan melalui respon lisan peserta dan instrumen pre dan post test.  Peserta berjumlah 50 orang dengan latar belakang domisili, usia, tingkat pendidikan, jenis usaha dan gender yang beragam.  Peserta sangat antusias dan merasakan langsung dampak pelatihan dengan menjadi paham dan dapat membuat daftar harta, hutang dan kekayaan juga cashflow, paham dan dapat mengevaluasi kesehatan keuangan dengan beberapa rasio keuangan, serta dapat membuat rancangan keuangan masa depan. Peserta juga mendapat nilai-nilai baru cara pandang religius spiritual tentang keuangan yang mengarah kepada keberlanjutan.  Pelatihan dinilai sangat bermanfaat oleh peserta dan hasil uji pretest dan post test menunjukkan perbedaan nyata literasi keuangan peserta sebelum dan setelah pelatihan.Sebagai tindak lanjut telah dibuat grup Whatsapp untuk konsultasi. Pelatihan perlu direplikasi di berbagai tempat lain dengan mengajak pihak lain bekerjasama.   Number of residents who are deceived by fraudulent investments, moneylenders and experiencing business problems indicate the lack of financial literacy among the community. Therefore, this training is carried out to enlight and train participants to be able to evaluate their financial situation and make adequate plans. It is carried out using a classroom action approach, through lectures, guided self-assessment and dialogue and used modules and self-assessment sheets as supporting tools. Evaluation of activities was carried out directly through oral responses and pre and post test instruments of 50 participans with various backgrounds of domicile, age, education level, type of business and gender. They were very enthusiastic and got direct impact by becoming aware of and being able to list assets, debts and net worth as well as financial cashflow, understand and be able to evaluate financial health with several financial ratios, and be able to make future financial plans. Participants also got new perspective based on Islamic spiritual view of finance that leads to sustainability. The training was considered very useful by the participants and the results of the pretest and post test showed a significant difference in the participants' financial literacy level before and after the training. As a follow-up, a Whatsapp group was created for consultation. It is recommended that the training be replicated in various other places inviting other parties to cooperate.

References

Abdulrahman, R. (2016). "Warga Banyumas, Diminta Waspadai Investasi Bodong", www.rri.co.id, 21 December. Available at: https://rri.co.id/ekonomi/340879/warga-banyumas-diminta-waspadai-investasi-bodong?utm_source=search&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General Campaign&utm_query=warga banyumas investasi bodong.

Amelia, Y. et al. (2018). "Edukasi Literasi Perencanaan Keuangan dan Pembiayaan untuk Petani dan UMKM Kelompok Masyarakat di Desa Lumbirejo", in. Available at: http://feb.unila.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/28. EDUKASI-LITERASI-PERENCANAAN-KEUANGAN-DAN-PEMBIAYAAN-UNTUK-PETANI-DAN-UMKM-KELOMPOK-MASYARAKAT-DI-DESA-LUMBIREJOYunia-Amelia.pdf.

Azmi, Z. et al. (2018). Peningkatan Literasi Keuangan melalui Perencanaan Keuangan Keluarga, Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri. doi: 10.37859/jpumri.v2i1.599.

Bank, P. et al. (2019). Peningkatan Literasi Keuangan Masyarakat Dusun Magirejo melalui’, 1, pp. 227–231.

Busyro, W. et al. (2018). Literasi Keuangan Syariah bagi Guru dan Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah, Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri. doi: 10.37859/jpumri.v2i1.576.

cfpb, (2017). Financial well-being in America. America. Available at: https://files.consumerfinance.gov/f/documents/201709_cfpb_financial-well-being-in-America.pdf.

Dewi, R. S. and Munawaroh. (2019). IbM Literasi Keuangan Syariah bagi Masyarakat di Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian.

Herawati, N. T. (2016). Pelatihan Dasar-Dasar Keuangan Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa, Seminar Nasional.

Hicks, S. (2019). Gap Between Financial Industry’s Intentions and Actions for Improving Customer Financial Health, www.finhealthnetwork.org. Available at: https://finhealthnetwork.org/gap-between-financial-industrys-intentions-and-actions-for-improving-customer-financial-health/ (Accessed: 5 August 2019).

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy, Journal of Consumer Affairs. doi: 10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x.

Kardoyo, K., Hadi, S. and Nurkhin, A. (2018). Program Peningkatan Literasi Keuangan Syariah bagi Guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di Kota Semarang, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. doi: 10.24114/jpkm.v24i2.10335.

Kewal Anastasia Sri, S. S. M. (2013). Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa STIE Musi (Financial Literacy Level among Students STIE Musi), Jurnal Economia.

Nababan, D. and Sadalia, I. (2013). Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Jurnal Media Informasi Manajemen.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). ‘Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 (National Literacy and Financial Inclusion Survey 2016)’, Survey Report.

Pramuka, B. A., Maghfiroh, S. and Sugiarto, S. (2020). Literasi Keuangan Pengelola Koperasi Pondok Pesantren di Kabupaten Banyumas, Prosiding.

Sardiana, A., Amalia, A. N. and Puspita, P. (2018). Sosialisasi dan Pengenalan Keuangan dan Perbankan Syariah pada Siswa Tingkat Akhir, Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. doi: 10.32696/ajpkm.v2i1.110.

Sari, D. E. (2019). Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan untuk Warga ‘Aisyiyah Kabupaten Sukoharjo Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja dan Anak-Anak, JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat. doi: 10.33474/jipemas.v2i2.2694.

ZR, R. A., Hasanah, N. and Zakaria, A. (2017). Perencanaan Keuangan Syari’ah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Manajemen Keuangan Keluarga pada Anggota Majelis Ta’lim, Sarwahita. doi: 10.21009/sarwahita.141.04.

Downloads

Published

2021-08-10

How to Cite

Kusumastuti, D. K. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan melalui Pelatihan Evaluasi dan Perencanaan Keuangan Sehat Berbasis syariah pada Pengusaha Muslim Skala Mikro Kecil di Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.5136