Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto

Authors

  • Didik Rilastiyo Budi Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman
  • Lalita Melasarianti Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Arfin Deri Listiandi Jurusan Pendidkan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman
  • Septi Mariasari Prodi D3 Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Rindha Widyaningsih Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Jurnal, Publikasi, Pelatihan dan Pendampingan

Abstract

Kebijakan yang ditetapkan oleh kementerian Pendidikan mengenai kewajiban publikasi artikel hasil penelitian kepada guru dalam rangka mencapai kenaikan jabatan fungsional, pangkat dan golongan memunculkan persoalan bagi guru-guru di SMKN 1 Purwokerto. Sebagian besar guru di SMKN 1 Purwokerto masih mengalami kesulitan melakukan penelitian serta memublikasikan artikel pada jurnal nasional. Berdasarkan persoalan yang dihadapi, maka Tim Pengabdian Universitas Jenderal Soedirman bekerjasama dengan Tim Pengabdian Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri melaksanakan kegiatan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh mitra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bagi guru SMK Negeri 1 Purwokerto dalam menulis dan memublikasikan hasil penelitian pada jurnal nasional. Kegiatan dilaksanakan di SMKN 1 Purwokerto dan diikuti oleh 45 orang guru dari berbagai mata pelajaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari 5 sesi. Materi yang diberikan terdiri dari pengertian publikasi ilmiah, bagian-bagian artikel ilmiah, Turnitin/cek plagiasi, prosedur publikasi artikel, dan tahap pengiriman artikel ke jurnal secara online. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukan terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru SMKN 1 Purwokerto mengenai prosedur publikasi ilmiah.   The policy regulated by the Ministry of Education regarding the obligation to publish research articles to achieve promotion in functional positions, ranks, and classes raises problems for teachers at SMKN 1 Purwokerto. Most teachers at SMK N 1 Purwokerto have a problem conducting research and publishing articles in national journals. Based on the problems, Jenderal Soedirman University and Prof. K.H. Saifuddin Zuhri State Islamic University community service team carry out a program to defeat problems faced by partners. The community service program aims to improve the understanding level and skills of teachers of SMK Negeri 1 Purwokerto in writing and publishing research results in national journals. The activity was carried out at SMKN 1 Purwokerto followed by 45 teachers from various subjects. The method used is training and mentoring which consists of 5 sessions. The material provided: the definition of scientific publications, parts of scientific articles, Turnitin/plagiarism checker, procedures for publishing articles, and the step of submitting articles to journals online. The results of the community service program show an increase in knowledge level and skills of SMKN 1 Purwokerto teachers regarding scientific publication procedures

References

Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Rizkita, K., & Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1), 16. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p16-21

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Didik Rilastiyo Budi, & Suhartoyo, T. (2021). Improving Knowledge of Sports Games Training Programs for Junior High School Physical Education Teachers in the Purwokerto Region. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i1.1161

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107–110.

Jamaluddin. (2021). Menara Kudus, Riwayat Sebuah Penerbit. Penerbit Gading.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Listiandi, A. D., Hapsari, W., Anggraeni, D., Kusuma, I. J., Budi, R., & Widanita, N. (2021). Pola Hidup Sehat dengan Pendekatan Aktivitas Fisik dan Pengaturan Pola Makan pada Ibu-ibu PKK di Wilayah Desa Sokaraja Tengah. Journal Of Community Health Development, 2(1), 1–12.

Maftuh, M. S., Rahayu, S., Prayitno, L. L., & Purwasih, S. M. (2021). Penyusunan Artikel Hasil Penelitian: Workshop Bagi Guru SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(I), 17–22.

Melasarianti, L., & Andini, N. P. (2016). Media Film Animasi Bemuatan Nilai Nilai Karakter Sebagai Uupaya Meningkatkan Keterambilan bercerita Siswa Kelsa VII A SMP Negeri Mandiraja Kabupaten banjernegara Tahun AJaran 29018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59.

Mustolehudin, M. (2011). Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Kajian Terhadap Teks AlQur’an Surat Al ‘Alaq Ayat 1 - 5. Analisa, 18(1), 145. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i1.130

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 3(1), 207–212.

Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2172

Rindha Widyaningsih, Kuntarto, & Muhamad Riza Chamadi. (2021). Strengthening Counter-Radicalism Through Santri Discussion Group. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 106–114. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i1.1187

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35

Undang Undang Nomor 14. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47

Downloads

Published

2021-08-10

How to Cite

Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931