Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931Keywords:
Pengabdian kepada Masyarakat, Jurnal, Publikasi, Pelatihan dan PendampinganAbstract
Kebijakan yang ditetapkan oleh kementerian Pendidikan mengenai kewajiban publikasi artikel hasil penelitian kepada guru dalam rangka mencapai kenaikan jabatan fungsional, pangkat dan golongan memunculkan persoalan bagi guru-guru di SMKN 1 Purwokerto. Sebagian besar guru di SMKN 1 Purwokerto masih mengalami kesulitan melakukan penelitian serta memublikasikan artikel pada jurnal nasional. Berdasarkan persoalan yang dihadapi, maka Tim Pengabdian Universitas Jenderal Soedirman bekerjasama dengan Tim Pengabdian Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri melaksanakan kegiatan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh mitra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bagi guru SMK Negeri 1 Purwokerto dalam menulis dan memublikasikan hasil penelitian pada jurnal nasional. Kegiatan dilaksanakan di SMKN 1 Purwokerto dan diikuti oleh 45 orang guru dari berbagai mata pelajaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari 5 sesi. Materi yang diberikan terdiri dari pengertian publikasi ilmiah, bagian-bagian artikel ilmiah, Turnitin/cek plagiasi, prosedur publikasi artikel, dan tahap pengiriman artikel ke jurnal secara online. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukan terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru SMKN 1 Purwokerto mengenai prosedur publikasi ilmiah. The policy regulated by the Ministry of Education regarding the obligation to publish research articles to achieve promotion in functional positions, ranks, and classes raises problems for teachers at SMKN 1 Purwokerto. Most teachers at SMK N 1 Purwokerto have a problem conducting research and publishing articles in national journals. Based on the problems, Jenderal Soedirman University and Prof. K.H. Saifuddin Zuhri State Islamic University community service team carry out a program to defeat problems faced by partners. The community service program aims to improve the understanding level and skills of teachers of SMK Negeri 1 Purwokerto in writing and publishing research results in national journals. The activity was carried out at SMKN 1 Purwokerto followed by 45 teachers from various subjects. The method used is training and mentoring which consists of 5 sessions. The material provided: the definition of scientific publications, parts of scientific articles, Turnitin/plagiarism checker, procedures for publishing articles, and the step of submitting articles to journals online. The results of the community service program show an increase in knowledge level and skills of SMKN 1 Purwokerto teachers regarding scientific publication proceduresReferences
Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Rizkita, K., & Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1), 16. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p16-21
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534
Didik Rilastiyo Budi, & Suhartoyo, T. (2021). Improving Knowledge of Sports Games Training Programs for Junior High School Physical Education Teachers in the Purwokerto Region. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i1.1161
Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.
Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107–110.
Jamaluddin. (2021). Menara Kudus, Riwayat Sebuah Penerbit. Penerbit Gading.
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128
Listiandi, A. D., Hapsari, W., Anggraeni, D., Kusuma, I. J., Budi, R., & Widanita, N. (2021). Pola Hidup Sehat dengan Pendekatan Aktivitas Fisik dan Pengaturan Pola Makan pada Ibu-ibu PKK di Wilayah Desa Sokaraja Tengah. Journal Of Community Health Development, 2(1), 1–12.
Maftuh, M. S., Rahayu, S., Prayitno, L. L., & Purwasih, S. M. (2021). Penyusunan Artikel Hasil Penelitian: Workshop Bagi Guru SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(I), 17–22.
Melasarianti, L., & Andini, N. P. (2016). Media Film Animasi Bemuatan Nilai Nilai Karakter Sebagai Uupaya Meningkatkan Keterambilan bercerita Siswa Kelsa VII A SMP Negeri Mandiraja Kabupaten banjernegara Tahun AJaran 29018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59.
Mustolehudin, M. (2011). Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Kajian Terhadap Teks AlQur’an Surat Al ‘Alaq Ayat 1 - 5. Analisa, 18(1), 145. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i1.130
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 3(1), 207–212.
Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2172
Rindha Widyaningsih, Kuntarto, & Muhamad Riza Chamadi. (2021). Strengthening Counter-Radicalism Through Santri Discussion Group. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 106–114. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i1.1187
Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35
Undang Undang Nomor 14. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534
Didik Rilastiyo Budi, & Suhartoyo, T. (2021). Improving Knowledge of Sports Games Training Programs for Junior High School Physical Education Teachers in the Purwokerto Region. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i1.1161
Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.
Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107–110.
Jamaluddin. (2021). Menara Kudus, Riwayat Sebuah Penerbit. Penerbit Gading.
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128
Listiandi, A. D., Hapsari, W., Anggraeni, D., Kusuma, I. J., Budi, R., & Widanita, N. (2021). Pola Hidup Sehat dengan Pendekatan Aktivitas Fisik dan Pengaturan Pola Makan pada Ibu-ibu PKK di Wilayah Desa Sokaraja Tengah. Journal Of Community Health Development, 2(1), 1–12.
Maftuh, M. S., Rahayu, S., Prayitno, L. L., & Purwasih, S. M. (2021). Penyusunan Artikel Hasil Penelitian: Workshop Bagi Guru SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(I), 17–22.
Melasarianti, L., & Andini, N. P. (2016). Media Film Animasi Bemuatan Nilai Nilai Karakter Sebagai Uupaya Meningkatkan Keterambilan bercerita Siswa Kelsa VII A SMP Negeri Mandiraja Kabupaten banjernegara Tahun AJaran 29018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59.
Mustolehudin, M. (2011). Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Kajian Terhadap Teks AlQur’an Surat Al ‘Alaq Ayat 1 - 5. Analisa, 18(1), 145. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i1.130
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 3(1), 207–212.
Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2172
Rindha Widyaningsih, Kuntarto, & Muhamad Riza Chamadi. (2021). Strengthening Counter-Radicalism Through Santri Discussion Group. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 106–114. https://doi.org/10.36526/gandrung.v2i1.1187
Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35
Undang Undang Nomor 14. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47
Downloads
Published
2021-08-10
How to Cite
Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Mariasari, S., & Widyaningsih, R. (2021). Pelatihan Prosedur Publikasi Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4931
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Didik Rilastiyo Budi, Lalita Melasarianti, Arfin Deri Listiandi, Septi Mariasari, Rindha Widyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).