Peningkatan Apresiasi Sastra Melalui Teatrikal Puisi Bagi Siswa SMK Negeri 3 Banyumas

Authors

  • Erwita Nurdiyanto Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Gita Anggria Resticka Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman http://orcid.org/0000-0002-2226-2891
  • Nila Mega Marahayu Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4879

Keywords:

Teatrikal Puisi, Apresiasi Sastra, SMK Negeri 3 Banyumas

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang dapat dilakukan dengan bahasa lisan dan bahasa tulis. Puisi merupakan salah satu contoh interaksi yang diungkapkan secara fiksi. Unsur pembentuk puisi sama dengan genre sastra lainnya. Salah satu bentuk apresiasi sastra yaitu pembacaan puisi dengan unsur musikalitas dan ikonisitas yang memukau. Apresiasi sastra bukanlah merupakan keterampilan, melainkan seni atau kiat yang menekankan estetika dan penghargaan sastra. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bekerja sama dengan sekolah SMK Negeri 3 Banyumas. Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi yang memiliki minat terhadap teater, khususnya yaitu ekstrakurikuker teater. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatkan apresiasi sastra siswa SMK Negeri 3 Banyumas melalui teatrikal puisi. Manfaat dari diadakannya kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mengimplementasikan pada pertunjukkan teatrikal puisi lainnya. Luaran kegiatan berupa pementasan teatrikal pusi berjudul “Indonesia Tanah Air Mataâ€. Luaran dari kegiatan pengabdian diharapkan siswa SMK Negeri 3 Banyumas dapat meningkatkan kreativitasnya dalam mengapresiasi sastra yang tertuang dalam bentuk seni pertunjukkan.   A language is a communication tool that can be done with spoken and written languages. Poetry is one example of fictionally expressed interactions. The poetry-forming element is the same as other literary genres. One form of literary appreciation is the reading of poetry with elements of musicality and iconicity that amazes. Literary appreciation is not a skill, but rather an art or tip that emphasizes aesthetics and literary awards. This community service activity is in collaboration with Banyumas SMK Negeri 3 school. Participants of this activity are students who have an interest in theater, especially extracurricular theater. The purpose of this devotional activity is to increase the literary appreciation of students of SMK Negeri 3 Banyumas through theatrical poetry. The benefits of this activity are expected that students can implement other theatrical poetry performances. Outside the activity in the form of theatrical staging is titled "Indonesia Tanah Air Mata". Outside of the devotional activities, students of SMK Negeri 3 Banyumas are expected to increase their creativity in appreciating literature contained in the form of performing arts.  

References

Adisaputera, A., Hadi, W., & Hutagalung, T. (2020). Pembinaan Kemampuan Menulis Puisi Di Padepokan Iqro Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 175. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.19898

Adisaputera, A., Lubis, F., & Hutagalung, T. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Dongeng Bagi Guru Tk Aisyiyah 01 Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(4), 223. https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i4.15119

Dewojati, C. (2012). Drama, Sejarah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. In Jakarta : Nobel Edumedia.

Kusumaningrum, D. N., Lendriyono, F., & Prasetya, D. M. (2020). Pelatihan Penulisan Esai Kreatif Bagi Pengembangan Bakat Sastra Anak Panti Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 90. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.15220

Pradopo, R. D. (2009). Beberapa Teori Sastra, Metode kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, R. D. (2012). Pengkajian Puisi. Yogayakarta: Gadjah Nada University Press.

Rendra, W. (2013). Seni Drama untuk Remaja. In Pustaka Jaya. Bandung.

Rohman, S. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Press.

Saryono, D. (2009). Dasar Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Almatera Publishing.

Downloads

Published

2021-07-27

How to Cite

Nurdiyanto, E., Resticka, G. A., & Marahayu, N. M. (2021). Peningkatan Apresiasi Sastra Melalui Teatrikal Puisi Bagi Siswa SMK Negeri 3 Banyumas. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i1.4879