Sosialisasi Pencegahan Bullying di TPTQ Baituttaqdis Kedungwuluh Purwokerto Barat
Keywords:
Sosialisasi, Bullying, PencegahanAbstract
Bullying merupakan suatu tindakan kekerasan seperti melukai perasaan orang lain baik secaraverbal maupun non verbal. Kegiatan sosialisasi pencegahan bullying dilakukan kepada seluruhanak-anak di TPTQ Baituttaqdis. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk komunikasi kepada paramurid dan guru agar terciptanya lingkungan pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai-nilaikarakter sesuai dengan pendidikan Islam serta informasi terkait dengan perundungan. Metodeyang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi di masjid melalui pendekatan ABCD, yaitutempat pembelajaran berlangsung, diskusi dengan kepala TPTQ setempat, analisis masalah kebutuhan yang ada di TPTQ, menyusun materi sosialisasi fight bullying, dan pelaksanaan kegiatan sosialisasi pencegahan bullying. Kegiatan sosialisasi tindakan pencegahan bullying berupapemberian materi dalam bentuk ceramah, tanya jawab terkait bullying serta pemberian hadiahkepada murid TPTQ Baituttaqdis. Hasil yang dicapai dalam kegiatan sosialisasi pencegahan bullying, yaitu pemahaman murid TPTQ Baituttaqdis mengenai definisi, jenis-jenis, faktor terjadinyabullying, dampak negatif bagi korban yang terkena bullying, sanksi bagi pelaku yang melakukanbullying, upaya penanganan bullying di sekolah, hal-hal yang dapat mencegah perilaku bullying,dan tips mencegah bullying. Adanya program sosialisasi tindakan bullying di TPTQ Baituttaqdisdapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah atau peserta didik untuk membantu mencegahmelakukan tindak bullying dan mengetahui dampak negatif bullying bagi korban maupun pelaku.References
Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based
Community Development : Strategi
Pengembangan Masyarakat. Empower:
Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam,
(2), 259. https://doi.org/10.24235/
empower.v4i2.4572.
Aminudin, K. (2019). CyberBullying & Body
Shaming. Yogyakarta: Kali Media.
Angela, N. (2018). “Sosiologi: Sosialisasi”,
Modul Sosialisasi, 2003, 1–16.
Arofah, Z., & Basyar, M. R. (2023). Strategi
Penanggulangan Bullying Pada Sekolah
Menengah Pertama Dalam Perspektif
Collaborative Governance (Studi Pada
SMP Islam Tikung). Jurnal Penelitian dan
Karya Ilmiah, 1(6): 227–35. https://doi.
org/10.59059/mutiara.v1i6.
Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni,
M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana,
R., Januarsi, Y. (2023). Pengantar
Metodologi Penelitian.
Fitroh, I., Rosidi, I. T., Hotimah, I. H., &
Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya
Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7
Prasetya Gorontalo. Naufal Raffi Arrazaq
Journal of Human and Education, 3(2):
–26.
Haslan, M. M., Rispawati, Fauzan, A.,
Kurniawansyah, E., & Sawaludin.
(2021). Penyuluhan Tentang Dampak
Perilaku Bullying Bagi Siswa dan
Upaya Untuk Mengatasinya di SMPN
Gerung Kabupaten Lombok Barat.
Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan
IPA, 4(4): 423–30. https://doi.
org/10.29303/jpmpi.v4i4.1187.
Hidayanti, I., Yulianti, L., Bancin, L. K., & Sasmi,
W. T. (2023). Penanganan Bullying
Dengan Menanamkan Pendidikan
Karakter Pada Siswa SDN Duren I. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling, 5(1): 117–22.
Nadirah, Y. F. (2020). Psikologi Kepribadian.
Serang: Media Madani.
Nuzuli, Khairul, A., Khuryati, A., Putra, Y. A.,
Aqbal, M., Seftian, D. R., Hidayat, M. F.,
& Putra, A. I. (2023). Pencegahan Sikap
Anti Bullying di Kalangan Anak Sekolah
di SD IT Al-Fikri Dusun Baru Kota Sungai
Penuh. RENATA: Jurnal Pengabdian
Masyarakat Kita Semua, 1(3): 107–13.
https://doi.org/10.61124/1.renata.29.
Pramestika, L. A. (2021). Efektivitas
Penggunaan Media Power Point
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang
SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling
(JPDK), 2(1): 110–14. https://doi.
org/10.31004/jpdk.v1i2.610.
Prasetyo, M. I., Romdhoni, A., Alhaqqi, M.,
Permatasari, A., Aisyah, S., Aisyah, M. N.,
Nurrohmah, I., & Cahaya, D. D. (2024).
Sosialisasi Tindakan Pencegahan
Bullying di Sekolah Dasar Negeri Carul
Bumijawa Tegal. Solidaritas: Jurnal
Pengabdian, 4(1), 39–48.
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan
Bullying di Lingkup Sekolah, Jurnal
Hukum dan Pembangunan Ekonomi,
(2): 241–257.
Rachmayani, A. N. (2021). Perilaku Bullying
di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota
Lhokseumawe. Medan: CV. Pusdikra
Mitra Jaya.
Rahayu, F. S., Kristiani, L., & Wersemetawar, S.
F. (2021). Dampak Media Sosial terhadap
Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten
Sleman, Yogyakarta. Prosiding SEMNAS
INOTEK (Seminar Nasional Inovasi
Teknologi), 3(1), 39–46
Rizqi, S. A., Salsabila, S., Hafiansyah, M. B.,
& Rosyidi, M. (2024). Strategi Islam
Dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 1(4): 15. https://doi.
org/10.47134/pgsd.v1i4.734.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian.
Yogyakarta: KBM Indonesia.
Suparna, D, Rosidi, I., Sunarni, A., Husnai,
Y. N., & Suadma, U. (2023). Sosialisasi
Pencegahan Bullying di Lingkungan
Sekolah. Batara Wisnu Journal :
Indonesian Journal of Community
Services, 3(2): 2023.
Wahyuningsih, H. (2023). Peran Guru Dalam
Mengatasi Bullying di Paud. Childhood
Education: Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 4(2): 163–73. https://doi.
org/10.53515/cej.v4i2.5362.
Windari, Sri, I., I., Dodik, Ferdiansah, Syafar,
A., Nashar A, M., Saputra, A, Hairunnisa.
(2023). Kuliah Kerja Nyata: Sosialisasi
Stop Bullying Di SMK Negeri 1 Galang
Kabupaten Tolitoli. TOLIS MENGABDI:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,
(1): 11. https://doi.org/10.56630/
tm.v1i1.33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fina Durrotun Nafisah, Muhammad Zubair Robbani, Nazwa Alidia Laela, Syafa Tiara Agustia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).