Pendampingan Peningkatan Kompetensi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords:
Jurnal Bereputasi, Karya Ilmiah, UIN Sultan Syarif Kasim RiauAbstract
Menulis karya ilmiah berperan penting dalam penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuandan seringkali identik dengan perguruan tinggi. Kegiatan Pemberdayaan Cendekiawan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif KasimRiau, terutama dalam mempublikasikan karya tulis ilmiah di jurnal bereputasi. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara tim pengabdian dengan Lembaga Penelitian, Pengembangan, danPengabdian kepada Masyarakat. Permasalahan utama yang menjadi dasar kegiatan pengabdianini adalah rendahnya nilai Sinta Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan mahasiswa dalam mempublikasikan karya ilmiah hasil kolaborasinya dengan dosen karena keterbatasan pengetahuan tentang jurnal bereputasi dan standar penulisan artikel ilmiah di jurnal bereputasi. Demi mengatasi hal tersebut perlu dilakukanedukasi mengenai penggunaan portal Sinta untuk mendapatkan jurnal yang relevan dengan topikpenelitian serta dilakukan edukasi mengenai standar penulisan artikel ilmiah di jurnal bereputasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan pemahaman peserta terhadap penggunaan Sinta serta peningkatan pemahaman terkait cara penulisan artikel ilmiah dijurnal bereputasi. Adanya peningkatan dua kemampuan dasar publikasi pada jurnal bereputasitersebut, diharapkan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau semakin menjadi lebih baik sehingga dapat terpublikasi pada jurnal bereputasi danberdampak positif pada nilai Sinta mereka.References
Abdusshomad, A., Kalbuana, N., Kurnianto, B., Kurniawati, Z., Rohman, T., & Hidayat, W. (2022). Analisis Bibliometrik Publish or Perish (PoP) Kepada Guru MAN 3 Kulonprogo Yogyakarta. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Afandi, M., Erdayani, R., & Afandi, S. A. (2023). How to Use "Publish or Perish" to Raise the Standard of Scientific Writing at State Administration Study Programme Students, Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 313–318.
Anwar, N. R. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Daumiller, M., Siegel, S., & Dresel, M. (2019). Construction and Validation of a Short Multidisciplinary Research Performance Questionnaire (SMRPQ). Research Evaluation, 28(3).
Erdayani, R., Afandi, M., & Afandi, S. A. (2024a). Empowering Scholars: Enhancing Scientific Writing Competence in State Administration Studies at UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 107–114.
Erdayani, R., Afandi, M., & Afandi, S. A. (2024b). Scientific Article Writing Assistance For Students. Abdi Masyarakat Vokasi, 1(1), 133–139.
Hanafiah, Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi, 5(2), 213–220.
Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381.
Lambovska, M., & Todorova, D. (2022). Publish and Flourish Instead of "Publish or Perish": A Motivation Model for Top-Quality Publications. Journal of Language and Education, 7(1).
Puspita, F. M., Octarina, S., Yuliza, E., Indrawati, Wulandari, A., & Rachmaningtyas, D. (2021). Penggunaan Mendeley dan Endnote dalam Menyisipkan Sitasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).
Putra, I. N. T. D. (2019). Pelatihan Citation dan Reference Berbasis Aplikasi dengan Mendeley dan Endnote Bagi Dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Hospitality, 8(1).
Salehudin, M. (2022). Guru Menulis Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Karya dan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).
Supriani, Y., Khotimah, K., Lestari, I., & Hadi, T. S. (2020). Workshop Publish or Perish untuk Guru di SMP Negeri 20 Kota Serang. Journal of Character Ducation Society, 3(1), 62–69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Erdayani, Muslim Afandi, Syed Agung Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).