Pelatihan Kepenulisan Artikel Ilmiah Berbasis Literasi Media Dan Literasi Digital Bagi Mahasiswa PGMI UNU Purwokerto

Authors

  • Nasikhotun Nadiroh Universitas nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Ramdhan Yurianto Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Ari Yusuf Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Arif Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Keywords:

Artikel Ilmiah, Kepenulisan, Literasi Media, Literasi Digital

Abstract

Kemudahan akses teknologi memberikan manfaat bagi penyebaran informasi secara masif, termasuk untuk kebutuhan pendidikan, diantara manfaat tersebut adalah kemudahan dalam mengakses referensi atau rujukan yang dijadikan sebagai sumber belajar. Di sisi lain, perkembangan teknologi juga harus dibarengi dengan pemahaman yang luas tentang literasi media dan literasi digital, oleh karena itu tidak akan mungkin untuk memahami dan mengakses referensi digital tanpa terlebih dahulu mengetahui literasi media dan literasi digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih literasi media dan literasi digital bagi mahasiswa untuk penulisan artikel ilmiah. Metode yang digunakan adalah penelitian aksi partisipatif (PAR) melalui pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan cara penyampaian materi dan pelatihan, pembuatan akun google scholar dan latihan parafrase. Output yang didapatkan dari kegiatan adalah para mahasiswa memiliki kemampuan dalam membuat artikel ilmiah yang sudah sesuai standar paraphrase dan menggunakan manajemen referensi yang ditentukan.

References

Aufderheide, P., & Firestone, C. (1993). Media literacy: A report of the national leadership conference on media literacy. The Aspen Institute.

Ayuni, Q. (2015). Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 4(2), 224-239.

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 52, 218–259.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. PT Raja Grafindo Persada.

Doyin, M. (2015). Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah,. Unnes.

Eshet, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedi.

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–67. https://doi.org/10.24912/JK.V8I1.46

Google Cendekia. (n.d.). Wikipedia: Ensiklopedi Bebas.

Lestari, C. A., & Dwijayanti, R. I. (2020). Kecakapan Literasi Media di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 48–62. https://doi.org/10.31315/JIK.V18I1.2781

Madani, M. ., & Ardianti, R. (2020). Teknik Parafrase Dalam Ketrampilan Menulis Untuk Menghindari Plagiarisme. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 343–344.

Sari, V. O. (2018). KETERAMPILAN MENULIS SURAT YANG BAIK DAN BENAR. Edukasi Lingua Sastra, 16(2), 91–100. https://doi.org/10.47637/ELSA.V16I2.97

Sulistiani, L., Shiddiq, N., & Khoiri, A. (2021). LITERASI DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENDAMPINGAN ORANG TUA DI SOKANANDI BANJARNEGARA. Ta’dib (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Peradaban Islam), 3(1), 65–84.

Suparno., & Yunus, M. (2008). Keterampilan Menulis. Universitas Terbuka.

Suwendi, A. B., & Wahyudi. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pendis Press.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. Angkasa.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nadiroh, N., Yurianto, R., Yusuf, A., & Hidayat, A. (2024). Pelatihan Kepenulisan Artikel Ilmiah Berbasis Literasi Media Dan Literasi Digital Bagi Mahasiswa PGMI UNU Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 4(1), 15–28. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/12027