Islam-Kita: Pendampingan Rancang Bangun Moderasi Beragama Digital

Authors

  • Mishbah Khoiruddin Zuhri Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang https://orcid.org/0000-0002-7397-1700
  • Ulin Niam Masruri Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Muh. In’amuzahidin Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Mohamad Sobirin Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Islam-Kita; Aplikasi; Android; Tafsir Al-Quran; Moderasi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini didedikasikan untuk mendampingi para mahasiswa prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Walisongo Semarang agar mampu memproduksi wacana populis berbasis Al-Quran dan Tafsir dengan tajuk moderasi Islam, serta mendesiminasikan worldview moderasi Islam yang diderivasi dari Al-Qur’an dan Hadist Nabi tersebut secara terarah, terukur dan terstruktur melalui pemanfaatan teknologi informasi, yaitu dengan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android yang kami beri nama Islam-Kita. Kondisi mereka pada saat pra pendampingan adalah memiliki kompetensi keislaman yang bagus, namun tidak menunjukkan kompetensi literasi digital yang memadai. Pendampingan dilakukan dengan memberikan pelatihan untuk kompetensi literasi digital yang bersifat teoritis sampai dengan yang masuk dalam kategori ketrampilan seperti mengelola website dan mengembangkan aplikasi berbasis android yang sederhana. Kondisi mereka pasca pendampingan tersebut menunjukkan perubahan dari yang tidak kompeten dalam literasi digital menjadi kompeten. Hal ini ditunjukkan oleh produk yang mereka hasilkan, yaitu aplikasi berbasis android dan website Islam-Kita, dan konten-konten di dalamnya yang berupa tulisan, grafis, dan video.

References

Brata, Komang Candra; Soebroto, Arief Andy; Arwani, Issa. (2012). Rancang Bangun Aplikasi Jejaring Sosial Kampus Berbasis GPS Pada Smartphone Android. Journal Basic Science And Technology, 1(2),20-26,2012 ISSN : 2089-8185.

Budiman, Arief; Dayanto, Tomy Dwi; Lantik. (2012). Pengembangan Aplikasi Mobile Pembelajaran Mitigasi Bencana Gempa Bumi Berbasis Multimedia, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012) ISSN: 2089-9815 Yogyakarta, 10 Maret 2012 pp. 36 – 40.

Darma, I Gusti Ngurah; Purnomo, Sigit; Anindito, Kusworo. (2012). Perancangan Aplikasi Mobile City Directory Yogyakarta Berbasis Android, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012) ISSN: 2089-9815 Yogyakarta, 10 Maret 2012, pp 136 – 142.

Hendratman, H. (2008). Tips dan Trik Graphics Design Computer. Bandung: Informatika.

Nunggraini, Wulan. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Multimedia. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanti, Ika. (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013, Vol 2 No 1 – Maret 2013 ISSN: 2302-1136 -

seruniid.unsa.ac.id, pp. 123 – 130.

Safaat, Nazruddin. (2012). “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”. Bandung: Informatika.

Septiawan, Arif Tri. (2012). Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Alquran (Ilmu Tajwid) Berbasis Android Mobile. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sobri, Muhammad dan Abdillah, Leon Andretti. (2013). Aplikasi Belajar Membaca Iqro’ berbasis Mobile. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 19 Januari 2013 ISSN: 2302 -2805, pp. 20.1– 20.5.

Zuhri, M., Safii, S., & Sobirin, M. (2023). Indonesian Muslim Diaspora: Strengthening Cognitive Aspects and Competencies Regarding Islamic Heritage in Southeast Asia. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 23(1), 173-196. doi:https://doi.org/10.21580/dms.2023.231.14785

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Khoiruddin Zuhri, M., Niam Masruri , U., In’amuzahidin , M., & Sobirin , M. (2024). Islam-Kita: Pendampingan Rancang Bangun Moderasi Beragama Digital . Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 4(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/10858