Pelatihan Pemasaran Sayur Hidroponik Berbasis Akad Syariah Bagi Kelompok Tani di Perkotaan

BAGI KELOMPOK TANI DI PERKOTAAN

Authors

  • Any Setianingrum YARSI University
  • Nurul Huda YARSI University
  • Alyta Shabrina Zusryn YARSI University

Keywords:

Pemasaran, Petani kota, Hidroponik

Abstract

Mitra adalah Kelompok Hidroponik Taman Solo (KHITAS), di kelurahan Cempaka Putih Timur,Jakarta Pusat yang diresmikan pada Agustus 2020. Tujuan dibentuknya KHITAS adalah sebagaipenyedia pangan bagi anggotanya di masa pandemi. KHITAS terus dikembangkankan dengan tujuan komersial, yakni sebagai sumber tambahan penghasilan bagi para anggotanya, mengingatproduk hidroponik memiliki keunggulan dalam hal rasa, daya tahan, dan aspek kesehatan. Pendirian KHITAS didukung oleh berbagai program CSR dari BUMN maupun swasta. Tim PKM Magister Manajemen, Universitas YARSI (MM, UY) juga terlibat dalam sinergi ini. Program yang telahdilakukan adalah pelatihan manajemen pasca panen dan program pelatihan pemasaran, sebagaipersiapan menuju tahap komersialisasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan, penyuluhan,diskusi, musyawarah. Pada seluruh tahap kegiatan selalu diterapkan metode kemitraan antarapemerintah, CSR, dan partisipasi warga. Metode evaluasi dan monitoring dilakukan dengan carakunjungan, konsultasi, pendampingan. Garis besar strategi pemasaran sayur hidroponik bagipetani kota adalah edukasi dan iklan, penggunaan media sosial, pemilihan bibit berkualitas, pengadaan pembukuan secara disiplin, dukungan serta bantuan dari perusahaan besar, membangunkerja sama dengan hotel, restoran, dan berbagai toko.

References

Adi., T. (2014). Mendulang laba segar dari

sayuran hidroponik. In Kontan. http://

peluangusaha.kontan.co.id/news/

mendulang-laba-segar-dari-sayuranhidroponik

Ardiansyah, R. F. (2023). Hukum Akad Jual

Beli Najasy (Rekayasa Permintaan Pasar)

Perspektif Imam al-Rafi’i (555 H-623 H)

dan Ibnu Qudamah (541 H-620 H).

Badrudin, E. (2016). Manisnya Peluang Bisnis

Budidaya Sayuran Hidroponik. https://

doi.org/http://jabar.pojoksatu.id/

sukabumi/2016/05/06/manisnyapeluang-bisnis-budidaya-sayuranhidroponik/

Budianto, A. (2015). Manajemen Pemasaran.

Yogyakarta: Ombak, 11–57.

Falentia Tia Indana, & Beni, S. (2021). Strategi

Pemaaran Sayuran Hidroponik SHANTI

BHUANA. Business, Economics and

Entrepreneurship, 3(2), 86–92. https://

doi.org/10.46229/b.e.e..v3i2.316

Irawan, D., Sugianto, & Siregar, S. (2022).

Manajemen Pemasaran Bank Syariah

Berbasis Tekhnology Revolusi Industry

0. MES Management Journal, 1(1),

–39. https://doi.org/10.XXXX/mmj.

v1.i1.11

Khadafi, M., Madinah, D., & Kurniasih, E.

(2021). Tinjauan Hukum Islam terhadap

Sistem Diskon dengan Mark Up Terlebih

Dahulu. Al Barakat - Jurnal Kajian Hukum

Ekonomi Syariah, 1(01), 45. https://doi.

org/10.59270/jab.v1i01.46

Mohamad, R., & Rahim, E. (2022). Strategi

Bauran pemasaran (Marketing Mix)

dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN

(Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.

https://doi.org/10.54045/mutawazin.

v2i1.113

Nova. (2016). Tren Bertanam Hidroponik

Tumbuhkan Peluang Usaha Baru.

Bangka.Tribunnews.Com. https://

bangka.tribunnews.com/2016/01/27/

tren-bertanam-hidroponik-tumbuhkanpeluang-usaha-baru

Permanasari, L. (2018). Saluran Distribusi

dalam Perspektif Ekonomi Islam di

Supermarket Sakinah Surabaya. Dinar :

Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 1(2).

Rofiqo, A. (2017). Strategi Bersaing Hotel

Syariah Dengan Pendekatan Manajemen

Bisnis Syari’ah (Studi Pada Syari’ah Hotel

Solo). Universitas Islam Indonesia.

Rosanti, D., Novianti, D., Givaty, R., &

Nurrahma, S. (2019). Pelatihan Teknologi

Hidroponik dengan Sistem NFT Bagi

Siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Rejang

Lebong Bengkulu. Journal of Innovation

in Community Empowerment (JICE), 1(1),

–111.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Setianingrum, A., Huda, N., & Shabrina Zusryn, A. (2024). Pelatihan Pemasaran Sayur Hidroponik Berbasis Akad Syariah Bagi Kelompok Tani di Perkotaan: BAGI KELOMPOK TANI DI PERKOTAAN . Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 4(1), 95–106. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/10759