Sosialisasi Penerapan Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pengasuhan pada Kader PKK Desa Kesamben

Authors

  • Melya Azizah UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
  • M. Bagus Syafi'ul Anam UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
  • Risang Pawenang UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
  • Azharotunnafi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Effective communication, Parenting , Empowerment of family welfare

Abstract

Peran orang tua dalam pengasuhan terutama ibu sangatlah penting. Bagaimana dikemudian harianak dapat berperilaku dan bertindak serta kepribadian yang dimiliki adalah cerminan apa yangditerimanya di rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk menerapkan pola asuhyang sesuai melalui komunikasi yang efektif sehingga segala bentuk pengasuhan yang diberikandapat diterima dengan positif oleh anak. Tujuan yang hendak dicapai adalah menambah pengetahuan dan wawasan orang tua tentang pentingnya memiliki keterampilan komunikasi yangefektif dalam pengasuhan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak yang lebih positif.Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pembelajaran masyarakat. Objek dalampengabdian ini adalah ibu-ibu Kader PKK Dusun Talun, Desa Kesamben, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Pengabdian dilaksanakan sekitar bulan Januari 2024 melalui beberapa tahapseperti perancanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari kegiatan yang telah dilakukan yaitu "Sosialisasi Pentingnya Membangun Komunikasi Positif dengan Anak Melalui Pola Asuh yang Sesuaidalam Keluarga” dapat menambah pengetahuan, meningkatkan pemahaman dan kesadaran paraibu-ibu kader PKK akan pentingnya ilmu parenting dan dampak yang ditimbulkan dari kesalahankomunikasi dengan anak dalam proses pengasuhan dalam keluarga. Oleh karena itu, diharapkanibu-ibu kader PKK dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tersebut dalam memperbaiki kesalahan komunikasi dalam pengasuhan di rumah.

References

Anggraeni, C. D. (2023). Penerapan Model

Process-Person-Context-Time Dalam

Community-Based Child Protection (Studi

Kasus Forum Anak dan Perlindungan

Anak Terpadu Berbasis Masyarakat di

Kota Tangerang Selatan.

Ayun, Q. (2016). Pendidikan dan Pengasuhan

Keluarga dalam Membentuk

Perkembangan Kepribadian Anak:

Perspektif Psikologi Perkembangan

Islam. Attarbiyah, 26, 91–118.

Bari, A., & Hidayat, R. (2022). Teori Hirarki

Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan

Pembelian Merek Gadget. Motivasi,

(1), 8. https://doi.org/10.32502/mti.

v7i1.4303

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020).

Pentingnya peran orang tua dalam

membangun kepercayaan diri seorang

anak dari usia dini. Prosiding Penelitian

Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,

(1), 40.

Laser-Maira, J. A., Peach, D., & Hounmenou,

C. E. (2019). Moving Towards Selfactualization: A Trauma-Informed and

Needs-Focused Approach to the Mental

Health Needs of Survivors of Commercial

Child Sexual Exploitation. International

Journal of Social Work, 6(2), 27. https://

doi.org/10.5296/ijsw.v6i2.15198

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan

Aspek Sosial-Emosional Dan Kegiatan

Pembelajaran Yang Sesuai Untuk Anak

Usia 4-6 Tahun. https://doi.org/https://

doi.org/10.31219/osf.io/p5gu8

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran

menyenangkan dalam menumbuhkan

peminatan anak usia dini terhadap

pelajaran. Alim, 1(2), 277–294.

Nasution, U. S. Z. (2019). Pengaruh Pola

Pengasuhan Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Anak dalam Pembelajaran.

Jurnal Sintaksis, 1(1), 9–9.

Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam

Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of

Early Childhood Education, 1(1), 96–115.

Pangestuti, L., & Lestari, G. D. (2018). Peran

Orang Tua Dalam Membina Ketrampilan

Berkomunikasi Untuk Meningkatkan

Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini

Dalam Keluarga Di Kelompok Bermain

Mutiara Bunda Desa Cabean Kecamatan

Sawahan Kabupaten Madiun. J+ Plus

Unesa, 7(2), 1–9.

Perdian Muhamad Thoha, Rizki Puja

Kurniawan, & Andhita Risko Faristiana.

(2023). Perubahan Komunikasi Orang

Tua Terhadap Anak Di Era Digital.

Student Scientific Creativity Journal, 1(4),

–431. https://doi.org/10.55606/

sscj-amik.v1i4.1682

Rieyani Okta Sumbawa, & Mila Karmila.

(2021). Pola Pengasuhan Positif

Orangtua Pada Anak Usia Dini Selama

Belajar Dari Rumah di masa Pandemi

Covid-19. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam

Anak Usia Dini, 2(2), 116–127. https://

doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4790

Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia

dalam Perspektif Pendidikan Islam. AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam,

(2), 213. https://doi.org/10.24042/

atjpi.v8i2.2126

Tobing, M. E., & Napitupulu, R. H. M. (2023).

Analisis Hubungan Pola Asuh Orang Tua

Terhadap Kemandirian Anak Dengan

Spektrum Autism (ASA) Pada PAUD

Biru Bangsa. Jurnal Pelita PAUD, 7(2),

–264. https://doi.org/10.33222/

pelitapaud.v7i2.3016

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi interpersonal

dan iklim komunikasi dalam organisasi.

Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–

https://doi.org/https://doi.

org/10.24252/jdt.v14i1.318

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Azizah, M., Syafi'ul Anam, M. B., Pawenang, R., & Azharotunnafi. (2024). Sosialisasi Penerapan Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pengasuhan pada Kader PKK Desa Kesamben. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 4(1), 63–74. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/10677