Kemitraan antara Dosen dan Mahasiswa KKN dalam Penyelenggaraan Program Parenting bagi Masyarakat Desa di Banyumas

Authors

  • Novan Ardy Wiyani UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.10460

Keywords:

anak, desa, masyarakat, orang tua, parenting

Abstract

Masyarakat desa yang tidak bisa mengakses layanan pendidikan secara optimal akan memilikipola pikir yang terbatas, salah satunya adalah pola pikir dalam hal mendidik anak. Mereka menjadi pribadi yang kurang mementingkan urusan pendidikan anak-anaknya. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan penjelasan dan pemahamanmengenai urgensi pendidikan anak bagi masyarakat desa melalui program parenting. Desa yangmenjadi sasaran pelaksanaan program parenting ini antara lain Desa Cidora dan Desa Karanggayam, Kecamatan Lumbir dan Desa Pegalongan, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan. Dalam pelaksanaannyadilakukan kerjasama antara penulis dengan mahasiswa peserta KKN dari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pelaporan.Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) meningkatnya kesadaran masyarakat desa akan kebutuhan pendidikan anak-anaknya; (2) meningkatnya pengetahuan masyarakat desa mengenaipermasalahan pendidikan dan pengasuhan anak; dan (3) peningkatan kemampuan masyarakatdesa dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan pengasuhan anak. Dengan hasil pengabdiantersebut maka dapatlah disimpulkan bahwa masyarakat desa telah memiliki kesadaran terkait dengan urgensi pendidikan. Selain itu masyarakat desa juga memiliki pemahaman tentang metodologi dalam mengasah, mengasih dan mengasuh anak yang bersifat edukatif. Kesadaran dan pemahaman tersebut dapat dijadikan sebagai modal dasar bagi mereka untuk bisa menjadi orangtua sekaligus pendidik di lingkungan keluarga.

References

Aini, Y. I. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar Pada Pembelajaran di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Teknodik, 25(1), 81. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785

Ainurrohman, M. T., & Minsih, M. (2022). Revitalisasi Karakter Disiplin Era Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5996–6005. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3033

Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583

Aldilawati, S., Wijaya, M. F., & Hasanuddin, N. R. (2022). Upaya Peningkatkan Status Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Masyarakat dengan Metode Penyuluhan FlipChart dan Video di Desa Lanna. Idea Pengabdian Masyarakat, 2(01), 36–40. https://doi.org/10.53690/ipm.v2i01.82

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). DESA DAN KOTA DALAM POTRET PENDIDIKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Arya, L. (2018). Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Sepilar.

Bili, K. D. (2017). Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan Masyarakat Desa. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2). https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.30

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Globalisasi. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam; Vol 20 No 1 (2015): Studi Islam Di Era Global. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/441

Dewi, P. J. S., Fahmi, M. I., Herachwati, N., & Agustina, T. S. (2022). Perumusan Strategi Pengembangan Desa Wisata Tritik Kabupaten Nganjuk Berbasis Analisis SWOT. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(1), 193–203. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i1.1370

Kasmawati Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Idaarah, 3(1), 138–147. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9073

Marpaung, J. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118

Najah, N., Sumarwiyah, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060

Nugroho, M. Y. A. (2020). Metode, Media, dan Problematika Pembelajaran PAI Berbasis Daring di Tingkat Madrasah Aliyah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1573

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656

Rima Permata Sari, Holilulloh Holilulloh, & Hermi Yanzi. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pola Pikir Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Di Desa Cugung. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(7).

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13533

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Wiyani, N. A. (2023). Kemitraan antara Dosen dan Mahasiswa KKN dalam Penyelenggaraan Program Parenting bagi Masyarakat Desa di Banyumas. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(2), 161–170. https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.10460