Kemitraan antara Dosen dan Mahasiswa KKN dalam Penyelenggaraan Program Parenting bagi Masyarakat Desa di Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.24090/sjp.v3i2.10460Keywords:
anak, desa, masyarakat, orang tua, parentingAbstract
Masyarakat desa yang tidak bisa mengakses layanan pendidikan secara optimal akan memilikipola pikir yang terbatas, salah satunya adalah pola pikir dalam hal mendidik anak. Mereka menjadi pribadi yang kurang mementingkan urusan pendidikan anak-anaknya. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan penjelasan dan pemahamanmengenai urgensi pendidikan anak bagi masyarakat desa melalui program parenting. Desa yangmenjadi sasaran pelaksanaan program parenting ini antara lain Desa Cidora dan Desa Karanggayam, Kecamatan Lumbir dan Desa Pegalongan, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan. Dalam pelaksanaannyadilakukan kerjasama antara penulis dengan mahasiswa peserta KKN dari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pelaporan.Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) meningkatnya kesadaran masyarakat desa akan kebutuhan pendidikan anak-anaknya; (2) meningkatnya pengetahuan masyarakat desa mengenaipermasalahan pendidikan dan pengasuhan anak; dan (3) peningkatan kemampuan masyarakatdesa dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan pengasuhan anak. Dengan hasil pengabdiantersebut maka dapatlah disimpulkan bahwa masyarakat desa telah memiliki kesadaran terkait dengan urgensi pendidikan. Selain itu masyarakat desa juga memiliki pemahaman tentang metodologi dalam mengasah, mengasih dan mengasuh anak yang bersifat edukatif. Kesadaran dan pemahaman tersebut dapat dijadikan sebagai modal dasar bagi mereka untuk bisa menjadi orangtua sekaligus pendidik di lingkungan keluarga.References
Aini, Y. I. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar Pada Pembelajaran di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Teknodik, 25(1), 81. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785
Ainurrohman, M. T., & Minsih, M. (2022). Revitalisasi Karakter Disiplin Era Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5996–6005. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3033
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583
Aldilawati, S., Wijaya, M. F., & Hasanuddin, N. R. (2022). Upaya Peningkatkan Status Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Masyarakat dengan Metode Penyuluhan FlipChart dan Video di Desa Lanna. Idea Pengabdian Masyarakat, 2(01), 36–40. https://doi.org/10.53690/ipm.v2i01.82
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). DESA DAN KOTA DALAM POTRET PENDIDIKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Arya, L. (2018). Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Sepilar.
Bili, K. D. (2017). Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan Masyarakat Desa. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2). https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.30
Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Globalisasi. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam; Vol 20 No 1 (2015): Studi Islam Di Era Global. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/441
Dewi, P. J. S., Fahmi, M. I., Herachwati, N., & Agustina, T. S. (2022). Perumusan Strategi Pengembangan Desa Wisata Tritik Kabupaten Nganjuk Berbasis Analisis SWOT. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(1), 193–203. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i1.1370
Kasmawati Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Idaarah, 3(1), 138–147. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9073
Marpaung, J. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118
Najah, N., Sumarwiyah, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060
Nugroho, M. Y. A. (2020). Metode, Media, dan Problematika Pembelajaran PAI Berbasis Daring di Tingkat Madrasah Aliyah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1573
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978
Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656
Rima Permata Sari, Holilulloh Holilulloh, & Hermi Yanzi. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pola Pikir Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Di Desa Cugung. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(7).
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963
Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13533
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novan Ardy Wiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).